Unila Buka Prodi Bahasa Lampung, Tahun Ini Kuota 70 Mahasiswa

  • Bagikan
Rektor Unila Prof. Karomani. FOTO RURI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID-Prodi Bahasa Lampung Universitas Lampung (Unila) akhirnya disetujui Dirjen Pendidikan Tinggi, untuk dibuka. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30/E/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa Lampung Program Sarjana pada Universitas Lampung di Kota Bandarlampung yang dikeluarkan Rabu (10/2) lalu.

Dalam keputusan yang ditandatangani Dirjen Dikti Nizam disebutkan menetapkan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa Lampung Program Sarjana PADA Universitas Lampung Di Kota Bandarlampung.

Memberikan izin pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa Lampung Program Sarjana pada Universitas Lampung di Kota Bandar Lampung. Di mana pada diktum ke satu, Program Studi sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU dinyatakan memenuhi persyaratan minimum akreditasi. Kedua, Universitas Lampung di Kota Bandar Lampung sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU. Ketiga, pertama memenuhi standar nasional pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan melaporkan hasil penyelenggaraan Program Studi sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu paling lambat 1 (satu) bulan setelah akhir setiap semester kepada Menteri.

Baca Juga:   Humas PMB Unila : UTBK-SBMPTN Gelombang II Selesai, 8,98% Peserta Tak Hadir

Keempat, Rektor Universitas Lampung bertanggung jawab menyelenggarakan Program Studi sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan dan menanggung semua akibat apabila dilakukan pencabutan izin pembukaan program studi setelah dinyatakan tidak layak berdasarkan hasil evaluasi.

Kelima, Apabila Universitas Lampung di Kota Bandar Lampung tidak melaksanakan kewajibannya sebagaimana dimaksud dalam Diktum KETIGA, akan dikenai sanksi administratif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dan ke enam, Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

radarlampung.co.id-Pasca disetujui nya pembukaan program studi (Prodi) Bahasa Lampung di Universitas Lampung (Unila) oleh Dirjen Dikti, Nizam. Unila siap membuka pendaftaran baru bagi mahasiswa tahun ini. Sebanyak 70 kuota mahasiswa disiapkan.

Rektor Unila, Prof Karomani mengatakan dengan dibukanya prodi Bahasa Lampung ini menjadi komitmen Unila dalam merawat dan mengembangkan bahasa Lampung.”Di unila sendiri kita buka pusat penelitian budaya lampung di samping S1 dan S2 bahasa Lampung. Jadi dunia akademik, dunia pendidikan, dunia industri termasuk industri pariwisata, masyarakat dan pemerintah harus saling bersinergi dlm memelihara dan mengembangkan budaya kita sesuai dgn era zamannya,” sebut Karomani melalui pesan WhatsApp nya Jumat (12/2).

Baca Juga:   Hamdalah ! 49 Judul PKM Mahasiswa di Lampung Dapat Pendanaan PKM DIKTI

Prof Karomani melanjutkan, dirinya sendiri saat ini bersama pemerintah daerah sedang menggagas film pahlawan nasional asal lampung untuk menjadi role model pendidikan karakter terkait dengan nilai nilai kepahlawanan tokoh tersebut sekaligus nanti lewat film itu memperkenalkan destinasi wisata dan budaya Lampung ke panggung nasional dan internasional.

Ditambahkan Dekan FKIP Unila, Prof Patuan Raja melalui Wakil Dekan 1 FKIP Unila Sunyono mengatakan untuk 2021 ini FKIP akan membuka kuota dengan daya tampung sebanyak 70 orang.

“Alhamdulillah, SK prodi S1 Bahasa Lampung telah terbit. Terimakasih pak Gubernur Propinsi Lampung, pak Kadis Dikbud Propinsi Lampung, pak Rektor dan para Wakil Rektor yang telah memberikan support yang luar biasa thd perjuangan pembukaan prodi S1 Bahasa Lampung di FKIP Unila. Untuk FKIP Unila sudah menetapkan kuota daya tampung th 2021 untuk mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Lampung sebanyak 70 orang,” terangnya.

Baca Juga:   Gandeng Kodim 0410/KBL, Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Bagikan Paket Sembako

Dia melanjutkan, dibukanya prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung ini juga berkat upaya beberapa pihak, selain support yg luar biasa dari pak Rektor dan wakil Rektor, juga dukungan yang luar biasa dari Pemda Propinsi Lampung.

“Oleh sebab itu patut kiranya kami mengucapkan terimakasih kepada Bpk Gubernur Propinsi Lampung, Bapak Arinal Junaidi yang telah mensupport terhadap usulan prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung. Terimakasih juga kepada Afiliasi Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah (ADISABDA) pusat dan Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Propinsi Lampung yang telah memberikan dukungan thd pembukaan prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung . Juga kepada L2DIKTI Wilayah 2 Palembang yg telah memberikan rekomendasi thd pembukaan prodi tersebut. Serta yang tak kalah luar biasa adalah tim proposal Bahasa Lampung yg dikomandoi oleh ibu Farida Aryani yg terus bekerja tanpa mengenal lelah. Upaya sejak sekitar tahun 2006, baru sekarang, tahun 2021 telah menuai hasil kerja kerasnya. Alhamdulillah, terbayarlah jerih payah selama ini,” tandasnya. (rma/wdi)





  • Bagikan