Disbunnak Dorong KWT Sehati Pertahankan Tradisi Kopi Tumbuk Lesung

  • Bagikan
Kepala Disbunnak Lampung Barat Agustanto Basmar melakukan kunjungan kerja ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Sehati di Pemangku II Pekon Bedudu Kecamatan Belalau Rabu (13/11). FOTO DOKUMEN PERATIN BEDUDU  

radarlampung.co.id – Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat Agustanto Basmar melakukan kunjungan kerja ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Sehati di Pemangku II Pekon Bedudu, Kecamatan Belalau, Rabu (13/11).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan kepada KWT sehati yang masih mempertahankan tradisi pengolahan kopi. Yakni kopi tumbuk lesung atau pola penumbukan biji kopi yang masih menggunakan lesung sebagai salah satu budaya masyarakat tempo dulu.

”Kunjungan kami sebagai salah satu bentuk pembinaan yang ke depan akan terus berjalan. Apakah akan ada bantuan untuk mendukung kegiatan mereka, kita lihat nanti,” kata Agustanto Basmar.

Pihaknya mengapresiasi kekompakan dan semangat anggota KWT Sehati dalam melestarikan budaya pihaknya. Karena itu, produksi kopi yang digeluti KWT itu akan terus didukung.

Baca Juga:   Bupati Launching Distribusi Bantuan untuk Pasien Covid-19

”Kalau tumbuk lesung dalam konteks budaya, tetap harus kita pertahankan. Supaya kalau orang ingin tahu seperti apa metode tumbuk lesung, bisa kita jadi rujukan untuk melihat ke KWT sehati. Tapi kalau dari segi bisnis, tentu kurang maksimal. Sebab metode itu butuh proses yang panjang sehingga akan sulit mengejar target produksi,” tandasnya. (edi/ais)




  • Bagikan