Disbunnak-Kodim 0422/LB Temukan Daging Ayam Busuk dan Hati Sapi Mengandung Cacing

  • Bagikan
Pemantauan produk pangan asal hewan dalam rangka menghadapi HBKN di Lampung Barat, Kamis (6/5). Ditemukan daging ayam busuk dan hati mengandung cacing. FOTO DOKUMEN DISBUNNAK LAMPUNG BARAT

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gabungan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) bersama Kodim 0422/LB yang dipimpin Pasiter Kapten Inf. Waniran menemukan daging ayam busuk dan hati sapi yang mengandung cacing.

Ini didapat saat pemantauan produk pangan asal hewan dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Pasar Sebelat, Pekon Tanjungraya, Kecamatan Sukau, Kamis (6/5).

Kabid Perkebunan Alma Arif mewakili Kepala Disbunnak Lampung Barat Nata Djudin Amran mengungkapkan, pemantauan dilakukan untuk memastikan bahwa produk pangan asal hewan yang beredar di masyarakat benar-benar ASUH (aman, sehat, utuh, dan halal).

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas, ditemukan daging ayam busuk yang sudah tidak layak konsumsi, dan hati sapi yang mengandung cacing. Masih dijual oleh pedagang,” kata Alma Arif, Kamis (6/5).

Baca Juga:   Tabrak Pembatas Jalan, Satu Orang Tewas dalam Kecelakaan Tol Terpeka

Menindaklanjuti hasil temuan tersebut, lanjut Alma Arif, petugas melakukan tindakan tegas berupa pemberian peringatan kepada pedagang agar tidak menjual barang dengan kondisi rusak. Kemudian menyita daging yang rusak agar tidak dijual, selanjutnya dilakukan pemusnahan oleh tim.

Selain itu, ditemukan ayam yang disembelih dengan tidak sempurna. Ditindaklanjuti dengan memberikan pembinaan cara penyembelihan yang baik ke tempat pemotongan ayam.

“Kita juga mengimbau kepada penjual ayam agar lebih berhati-hati ketika menyembelih. Karena daging yang dijual tersebut akan dikonsumsi oleh masyarakat,” tandasnya. (lus/ais)

 



  • Bagikan