Disdik Bandarlampung Sambut Positif Gelaran Lomba Nyanyi Lagu Daerah


Kepala bidang pendidikan dasar Disdikbud Bandarlampung saat ditemui di ruang kerja, Kamis (18/10). Foto Devi Laela Rizki/Radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Dinas Pariwisata Kota Bandarlampung menggandeng Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung untuk menggelar perlombaan menyanyikan lagu tradisional Lampung tingkat SD dan SMP seBandarlampung yang akan dilaksanakan di Sumur Putri, Teluk Betung Selatan, Bandarlampung.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandarlampung, M. Yudhi mengatakan, keyakinannya dalam menggandeng Dinas Pendidikan Kota Bnadarlampung, karna dipercaya dapat menginformasikan kegiatan ini kepada sekolah.





“Saya percaya dan yakin kepada Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung dapat mensosialisasikan dengan maksimal kegiatan ini kepada anak sekolah khususnya tingkat SD dan SMP. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat edukatif,” ucapnya kepada Radarlampung.co.id, Kamis (18/10).

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Bandarlampung, Eka Afriana Novel menyatakan apresiasinya atas rencana penyelenggaraan lomba ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, bukti nyatanya, kami intruksikan ke sekolah tingkat SD dan SMP di Bandarlampung untuk mengikuti ajang ini,” ucapnya.

Sambungnya, ajang ini jarang dilakukan dan diklaim gelaran ini Bandarlampung akan menjadi pendobrak pertama yang mengajak anak untuk mengenal budaya daerah melalui lagu daerah.

“Dengan adanya kegiatan ini Kota Bandarlampung sebagai pencetus pertama untuk daerah lain, mudah-mudahan hal ini dapat dijadikan contoh untuk daerah lain menyenggarakan acara serupa untuk mengangkat budaya daerah melalui peran anak,” ucapnya.

Sejauh ini, kata dia, sekolah memiliki program dan kegiatan diantaranya mewajibkan anak setiap akan masuk pembelajaran sekolah mengucapkan ayat pendek, pancasila dan Undang-Undang Dasar, menyanyikan lagu wajib nasional dan daerah, dan sebagainya.

“Dengan kebiasaan itu, jadi sebagian lagu wajib nasional dan daerah anak-anak sudah hafal, sehingga berdampak positif,” ujarnya. (dev/apr)