Disdikbud Bandarlampung Bakal Terapkan Sistem Zonasi Guru

  • Bagikan
Sekretaris Disdikbud Bandarlmpung, Eka Afriana. Foto Aprohan Saputra/Radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan (Disdikbud) Kota Bandarlampung tengah menggodok aturan zonasi bagi Guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Sistem zonasi sebenarnya telah dipakai di dunia pendidikan sejak dua tahun terakhir, namun hanya pada zonasi siswa. Jika diterapkan pada guru, nantinya para guru akan ditempatkan mengajar di sekolah terdekat dari rumahnya masing-masing.


“Sistem zonasi guru saat ini tengah kami godok, yang jelas lagi menuju kesana,” kata Sekretaris Disdikbud Bandarlmpung Eka Afriana saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/2).

Menurutnya, kebijakan sistem zonasi ini untuk perluasan akses, pemerataan mutu, dan percepatan terwujudnya guru profesional.

Selain itu, sisten zonasi ini diharapkan akan mempermudah penanganan dan pengelolaan guru, mulai dari distribusi, peningkatan kompetensi, pengembangan karir dan penyaluran bantuan penyelenggaraan berbagai kegiatan pendidikan yang dilakukan guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Baca Juga:   Adaptasi Kemajuan Teknologi, Teknokrat Terapkan Perkuliahan Hybrid Learning

“Penggodokan tengah kami lakukan bersam kelompok musyawarah kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah,” tandasnya. (apr/kyd)




  • Bagikan