Disdikbud Diminta Maksimalkan Daya Tampung Siswa

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung diminta memproyeksikan diri dalam pemenuhan siswa, terutama untuk sekolah negeri. Hal ini terkait peningkatan siswa setiap tahunnya.

“Pendidikan ini kan, tanggung jawab pemerintah. Harapannya memang harus ada proyeksi ke depan seperti apa. Dengan meningkatnya jumlah siswa yang perlu belajar di SMA/SMK negeri dibanding daya tampung yang terbatas,” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Lampung Nur Rakhman Yusuf.

Menurut Nur Rakhman, kewenangan SMA/SMK yang berada di Disdikbud Lampung mencakup 15 kabupaten/kota. Karena itu perlu mempertimbangkan daya tampung sekolah dengan memperhatikan peningkatan jumlah siswa yang lulus.

“Kita hanya bisa mengimbau untuk menjadi perhatian. Apakah kemudian perlu dipertimbangkan pembukaan sekolah baru atau meningkatkan jumlah rombongan belajar di sekolah,” tegasnya.

Baca Juga:   Itera Bahas Adaptasi Tataan Geologi Sumatera

Apabila pendirian sekolah baru dirasa memberatkan, nantinya bisa dengan menambah jumlah rombongan belajar di sekolah yang telah ada. Konsekuensinya penambahan gedung baru.

“Itu lebih dimungkinkan supaya daya tampungnya bisa terpenuhi,” jelasnya.

Diketahui, pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) regional Lampung dimulai pada 14-17 Juni 2021 dengan sistem dalam jaringan (daring).




  • Bagikan