Disdikbud Tekankan Guru untuk HOTS

  • Bagikan
ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bandarlampung akan melakukan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran di tujuh sekolah di Kota Bandarlampung. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.

Sekretaris Disdikbud Bandarlampung Eka Afriana menerangkan, program ini merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam mengendalikan mutu pendidikan secara nasional. Tentunya, program tersebut akan mengikuti kebijakan Kemendikbud yang mengarah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

“Kegiatan peningkatan kualitas pembelajaran tersebut untuk meng-upgrade kembali keilimuan para guru, melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan,” kata Eka.

Dikatakan Eka, guru memiliki tugas mendidik, membimbing, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dalam menentukan keberhasilan para peserta didik. Sehingga, guru juga dituntut memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi dalam mendidik anak-anak, yang nantinya menghasilkan peserta didik yang berfikir secara kritis dan kemampuan analisis tinggi.

Baca Juga:   Wali Murid Berharap Metode Pendukung Daring untuk Tingkatkan Skil Siswa

“Berdasarkan hasil penelitian, 30 persen keberhasilan siswa ditentukan oleh guru. Sehingga guru harus terus meningkatkan kualitasnya, dan menambah ilmu-ilmu dan pengetahuan yang memang dibutuhkan pada era industri 4.0 ini,” ujarnya.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Pendidik dan Tenaga Kependidikan Supriatin menambahkan, peserta akan mengikuti lima kali pertemuan selama kegiatan tersebut pada Sabtu ataupun Minggu.

Sekolah tersebut yakni, SMP Negeri 1 Bandarlampung, SMP Negeri 2 Bandarlampung, SMP Negeri 12 Bandarlampung, SMP Negeri 32 Bandarlampung, SD Negeri Panjang Utara, SD Negeri 3 Gulak Galik, dan TK Qurrota Ayun. (rur/sur)




  • Bagikan