Disdikbud Tubaba Isi Ramadan dengan Tadarus Al-Qur’an

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tubaba Budiman Jaya, S.STP,.M.IP. Foto dok

RADARLAMPUNG.CO.ID-Salah satu keutamaan bulan Ramadan yakni akan dilipatgandakannya pahala oleh Allah SWT. Untuk itu, bulan suci Ramadan selalu dimanfaatkan umat muslim untuk memperbanyak ibadah, mulai dari ibadah wajib, melaksanakan amalan-amalan sunah, bersedekah, hingga Tadarus Al-Qu’ran.

Tidak hanya di kalangan masyarakat pada umumnya, unsur pemerintahan pun antusias mengisi Ramadan dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Sebut saja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) yang memulai tradisi baru di bulan Ramadan, yakni melaksanakan Tadarus Al-Qur’an sebelum memulai rutinitas kerja.

“Mulai tahun ini, kami melaksanakan tadarus Al-Qur’an selama bulan Ramadan. Kami berharap, hal baik ini ke depannya akan menjadi tradisi terutama saat bulan Ramadan tiba,”ungkap Budiman Jaya, S.STP, M.IP, Kepala Disdikbud Tubaba saat berbincang-bincang di ruang kerjanya, Rabu (14/4).

Baca Juga:   Kabar Duka, Warga Tubaba Terkonfirmasi Covid-19 Wafat

Menurutnya, Tadarus Al-Qur’an dilaksanakan di masing-masing bidang di dinas tersebut, dan wajib diikuti oleh seluruh pegawai yang ada didalamnya.”Untuk teknisnya, 30 juz Al-Qur’an kita bagi lima, yakni empat bidang dan sekretariat. Jadi, masing-masing wajib menyelesaikan 6 juz. Untuk pelaksanaannya juga serentak setiap pagi pada hari kerja, dan waktunya sekitar 30-45 menit saja,” terangnya.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, juga sekaligus untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, sehingga diharapkan dapat semakin fasih dan lancar.”Kita juga mengundang guru ngaji agar yang belum bisa mengaji menjadi bisa, dan yang sudah bisa semakin lancar dalam membaca Al-Qur’an. Mudah-mudahan kami semua bisa khatam (selesai) selama Ramadan ini,”harapnya.

Budiman juga mengingatkan para pegawai tentang pentingnya mengisi Ramadan dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan bermanfaat.”Mari bersama-sama kita memperbanyak ibadah selama Ramadan ini. Mulai dari memperbanyak amalan sunah, bersedekah, hingga tadarus Al-Quran,”tandasnya.(fei/rnn/wdi).





  • Bagikan