Disdikbud Tubaba Siapkan Rp835 Juta untuk Insentif Guru PAUD

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Pendidikan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) berikan Insentif untuk 679 guru tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Anggaran disiapkan sebesar Rp835 juta.

Penyerahan insentif secara simbolis dilakukan Bunda PAUD Tubaba, Kornelia Umar, di TK Al-Furqon Panaragan Jaya Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Senin (13/9) pukul 09.00 WIB.


“Hari ini dilaksanakan simbolis pemberian Insentif terhadap guru Paud, sekaligus pula Bunda Paud tadi memberikan satu paket buku bacaan di setiap lembaga, yang mana satuan pendidikan Paud di Tubaba ini berjumlah 180 lembaga,” jelas Kepala Disdikbud Tubaba, Budiman Jaya.

Menurutnya, Insentif yang diberikan adalah sebesar Rp200 ribu per bulan per guru, dan diberikan hanya untuk hitungan 6 bulan dalam satu tahun anggaran 2021 sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, karena dana bersumber dari APBD tahun 2021.

Baca Juga:   Usulkan Pembangunan Museum Pers di Tubaba

“Insentif guru Paud ini diberikan dalam dua tahap, yaitu untuk tahap 1 di bulan Januari, Februari dan Maret sudah diberikan pada 11 Mei tahun 2021 untuk 679 guru Paud. Sedangkan tahap 2 untuk bulan April, Mei dan Juni dicairkan pada September ini dengan jumlah guru yang sama,” terangnya.

Kata dia, dari anggaran yang tersedia, sudah terserap untuk tahun 2021 ini sebesar Rp 814.800.000. Dikarenakan hanya ada 679 guru yang masih aktif mengajar dari perkiraan hitungan awalnya 696 guru, sementara 17 guru dinyatakan sudah tidak aktif lagi mengajar. Sehingga, setiap guru Paud menerima total dalam 6 bulan sebesar Rp1,2 juta.

“Dengan adanya Insentif ini diharapkan dapat membantu para guru Paud yang memang kami anggap penting, untuk meningkatkan kesejahteraan dan motivasi kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas Pendidikan terhadap peserta didik,” katanya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan