Disdukcapil Padat, Warga Antre Urus Adminduk


Kantor Disdukcapil Tanggamus ramai dikunjungi warga pada hari kedua pasca Libur Idul Fitri. Kedatangan warga untuk mengurus dokumen kependudukan. FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanggamus diramaikan warga yang hendak mengurus dokumen administrasi kependudukan. Berdasar pantauan Selasa (10/5), warga memenuhi ruang tunggu pelayanan. Bahkan ada yang menunggu di luar gerbang.

Kepala Disdukcapil Tanggamus Maradona melalui Sekretaris Darma Setiawan mengatakan, ramainya kunjungan warga sudah dimulai sejak hari pertama kerja pasca libur Idul Fitri, Senin (9/5).





Sebagian besar warga mengurus e-KTP. Baik perekaman maupun pencetakan. ”Iya, pasca Idul Fitri, pelayanan langsung di kantor Disdukcapil Tanggamus mengalami peningkatan 100 persen dari pada hari biasa. Tapi untuk pelayanan online, trennya turun,” kata Darma Setiawan, Selasa (10/5).

Diakui Darma, warga yang datang ke Disdukcapil rata-rata masih berusia relatif muda. Sebagian besar merupakan perantauan yang bekerja di Pulau Jawa.

Baca Juga:   Tanggamus Aman PMK, Pengawasan Lalu lintas Ternak Diperketat

“Mungkin saat berangkat dulu, pas baru lulus sekolah. Belum sempat rekam data atau cetak e-KTP. Ditambah pandemi Covid-19, sehingga ada larangan untuk mudik dari pemerintah. Nah, tahun ini semua pulang mudik. Jadi memanfaatkan momen untuk urus e-KTP. Ada juga yang baru lulus SMA. Mengurus e-KTP untuk keperluan bekerja ke Pulau Jawa,” ungkapnya.

Dilanjutkan, hari pertama kerja setelah libur Idul Fitri, Disdukcapil melakukan perekaman data sebanyak 240, ditambah dari kecamatan sekitar 30 data, sehingga total 271 entri data.

“Untuk yang hari Senin kemarin sempat terjadi gangguan jaringan, sehingga data yang diinput belum bisa terkirim ke server pusat. Kami harus lembur dan hasil perekaman pada Senin bisa dicetak Selasa pagi. Langsung dibagikan,” terangnya.

Baca Juga:   DPRD Tanggamus Setujui LKPj. Bupati Tahun 2021

Kemudian Selasa, perekaman data hingga pukul 12.30 WIB tercatat 129 orang.”Kami prediksi dalam satu minggu pasca libur Idul Fitri trennya meningkat. Itu wajar. Bagi yang tidak bisa ke kantor Disdukcapil, kami juga melayani secara online. Setelah jadi, dokumen dikirim melalui kantor pos atau dapat diambil di kantor kecamatan masing-masing,” papar Darma.

Dilanjutkan, untuk stok blangko e-KTP, masih aman. “Blangko e-KTP hingga per 10 Mei di Diskdukcapil Tanggamus ada sebanyak 4.739 keping. Jumlah tersebut masih relatif aman. Kalau mau habis, kami minta lagi ke pusat atau provinsi,” pungkasnya.

Sementara Ratih (24), warga Kelurahan Baros, Kecamatan Kotaagung mengaku datang ke kantor Disdukcapil untuk keperluan urus e-KTP yang hilang. “Hilangnya di sekitar Bandara Seokarno Hatta, Tangerang saat perjalanan pulang ke Tanggamus. Karena mau ke Tangerang lagi, maka saya urus dulu e-KTP yang hilang. Prosesnya cepat, tidak ribet,” kata Ratih. (ehl/rnn/ais)

Baca Juga:   Koordinasi Bahas Alokasi Gaji PPPK