Disdukcapil Tubaba Bersiap Aktifkan Layanan Keliling

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tulangbawang Barat (Tubaba) terus meningkatkan pelayanan dalam kemudahan kelengkapan dokumen kependudukan terhadap masyarakat. Demikian disampaikan kepada Kepala Disdukcapil Tubaba, Ahmad Hariyanto, Rabu (8/9).

Menurutnya, dalam memberikan kemudahan itu berbagai inovasi pelayanan terus dikembangkan, seperti misalnya melalui Aplikasi e-smile, atau bahkan bisa langsung ke Operator di masing-masing Tiyuh (Desa). “Dalam waktu dekat, kami juga akan mengaktifkan layanan jemput bola dengan layanan keliling milik Disdukcapil. Dan kami memastikan semua layanan Disdukcapil Gratis, bahkan jika ada warga yang kesulitan dalam mengurus dokumen kependudukan nya lapor saja kepada kami, kami akan membantunya.”terangnya.


Menurutnya, dalam hal pelayanan kepada masyarakat ini dengan berbagai kemudahan yang diberikan, memang tidak dapat dipungkiri masih ada warga yang masih tidak memiliki dokumen kependudukan, seperti Lansia, Disable, atau bahkan warga transmigrasi.

Baca Juga:   100 Peserta dan 15 Regu Ikut STQ Ke-2 Tubaba

“Oleh karenanya, kami tetap membutuhkan bantuan dan meminta agar pamong tiyuh bisa peduli terhadap warganya yang belum memiliki dokumen kependudukan lengkap, karena tentu kami tidak akan tahu apakah warga tersebut sudah memiliki dokumen atau belum memiliki dokumen tersebut,”jelasnya.

Apalagi, lanjut dia, di tengah situasi Pandemi Covid 19 ini banyak bantuan-bantuan sosial yang diberikan kepada warga, dan itu semua dasarnya adalah data penduduk, sehingga masih ada warga yang kurang mampu mendapatkan bantuan akibat tidak adanya data yang bisa dicatat. “Untuk itu, kami dari Disdukcapil Tubaba selalu siap melayani dan memberi kemudahan kepada siapapun masyarakat yang ingin memiliki dokumen kependudukan akan kami bantu, tinggal laporkan saja jika memang warga itu tidak dapat mengurus sendiri karena berbagai faktor. Dan kami berharap, bukan hanya pamong tiyuh, tetapi juga sesama warga agar bisa saling peduli jika ada yang mengalami kesulitan dan tidak dapat mengurus dokumen kependudukan,” katanya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan