Diskes Tanggamus Laksanakan Berbagai Program Cegah Covid-19

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Sejumlah program dilaksanakan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus melalui Dinas Kesehatan dan jajaran. Mulai dari pemeriksaan tes massal, penyuluhan dan edukasi tentang pencegahan penularan virus Corona.

Rapid tes antara lain dilakukan untuk tracing kluster santri dari Temboro, kluster Gowa, Forkopimda dan personel Polres Tanggamus.


Kemudian rapid tes tahanan polres, rapid tes di pasar Kotaagung dan Talangpadang serta di Lapas Kotaagung. Lalu rapid tes unutk santri, siswa, dan mahasiswa yang akan berangkat melanjutkan pendidikan keluar provinsi.

“Rapid tes juga dilakukan serentak untuk tenaga kesehatan awal Juli,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Tanggamus Taman Prasi mewakili Kepala Dinas Taufik Hidayat.

Baca Juga:   Dugaan Korupsi di Pekon Kaurgading, Kejari Tunggu LHP Inspektorat

Selain rapid tes, juga dilakukan tes Swab. Antara lain terhadap kluster Tenboro, Gowa dan tracing OTG serta PDP.

Terhadap hasil pemeriksaan rapid tes yang reaktif, langsung dilakukan tes Swab dan dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Lampung. “Sebelum ada di Labkesda Provinsi Lampung, swab dikirim ke Laboratorium Kemenkes di Palembang,” sebut Taman Prasi.

Dinas Kesehatan juga melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi. Di antaranya penyuluhan kepada masyarakat. Baik kelompok maupun individu tentang pencegahan penularan virus Corona dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Penyuluhan melalui media spanduk, banner dan flyer langsung kepada masyarakat oleh tenaga kesehatan UPTD puskesmas. Baik dengan mobil Pusling, kelompok masyarakat maupun kepada pengunjung pukesmas,” urainya.

Baca Juga:   DPRD Gelar Paripurna Penandatanganan MoU KUPA PPAS-P 2021

Penyuluhan kepada masyarakat bekerjasama dengan lintas sektor terkait, seperti Dinas Komunikasi dan Informasi dan Forkopimda. Misalnya penyuluhan di pasar dan kelompok masyarakat tertentu.

“Terkait persiapan adaptasi kebiasaan baru, Dinas Kesehatan juga menyosialisasikannya melalui dpanduk, banner, leaflet maupun penyuluhan secara langsung,” pungkas Taman Prasi. (ehl/ais)

 




  • Bagikan