Diskes Tangggamus Mulai Vaksinasi Masyarakat Umum

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO WWW.HEALTH.GOV.FJ

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum. Namun karena stok vaksin masih terbatas, kegiatan tersebut dilakukan secara bertahap.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Bambang Sutejo mengatakan, vaksinasi untuk masyarakat dilakukan setelah pihaknya menyelesaikan vaksinasi petugas pelayan publik, seperti guru dan pegawai di Pemkab Tanggamus.


“Kami sudah sampaikan kepada seluruh puskesmas agar segera melakukan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat. Untuk vaksinnya memanfaatkan sisa dari vaksinasi guru atau yang telah di distribusikan oleh Diskes,” kata Bambang mewakili Kadiskes Tanggamus Taufik Hidayat.

Bambang menyatakan, pelaksanaan vaksinasi di puskesmas tidak bisa sekaligus. Disesuaikan dengan stok yang didapat. Sehingga tahap awal ini baru sebagian kecil masyarakat yang divaksin.

Baca Juga:   Sekkab Lantik JPTP, Administrator dan Pengawas

“Untuk menentukan sasaran diatur oleh puskesmas dan belum bisa datang ramai-ramai ke puskesmas. Sebab stok vaksinnya juga masih terbatas. Mungkin awalan ini diambil beberapa perwakilan dulu tiap pekon. Agar lebih efektif, ke depan kita bisa memberikan pelayanan di tempat tertentu. Misalnya balai pekon, bila sasaranya banyak dan jaraknya jauh dari puskesmas,” urai Bambang.

Bambang melanjutkan, beberapa waktu lalu Diskes Tanggamus sudah mendistribusi sekitar 4.500 dosis untuk 24 puskesmas. Ada informasi, kabupaten ini akan mendapatkan 1.100 dosis vaksin dari Diskes Provinsi Lampung.

“Vaksin sedang diambil di Diskes Provinsi Lampung. Nanti akan didistribusikan ke puskesmas sehingga percepatan vaksinasi di Tanggamus bisa segera dilakukan,” ucap Bambang.




  • Bagikan