Disnaker Akan Latih 42 Angkatan Pencakar di BLK, Ini Cara Daftarnya

  • Bagikan

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Beri peningkatan kualitas kepada calon tenaga kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2021 untuk 42 angkatan Pencari Kerja (Pencakar). Pelatihan tersebut dilakukan bersama dengan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) se-Provinai Lampung.


Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinai Lampung, Agus Nompitu mengatakan, pelatihan tersebut sudah dimulai. Ada empat BLK milik Disnaker, yakni BLK Bandarlampung, BLK Kalianda, BLK Metro, dan BLK Kota Bumi. Sehingga pencakar yang ingin mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi dapat mencari informasi dan daftar di Instagram setiap BLK.

“Cara pendaftar bisa di lihat di IG BKL. Seperti @blk_bandarlampung; @blk_kalianda_lampung; @blk_metro_prov.lampung; @blk_wayabung,” terangnya.

Baca Juga:   22 Ribu Guru di Lampung Telah Divaksinasi

Agus pun memiliki harapan dengan terselenggaraanya Pelatihan Berbasis Kopetensi ini, untuk memberikan peningkatan kualitas bagi calon tenaga kerja sebelum memasuki pasar kerja, dengan dibekali pengetahuan dan keterampilan, serta sikap etos kerja sehingga memiliki SDM yang berdaya saing.

Diketahui, untuk mengawali pelatihan tersebut Disnaker Provinsi Lampung membuka pelatihan berbasis kompetensi tahun 2021 di BLK Bandarlampung, pada Senin (8/3) lalu.

Total peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 672 peserta atau Pencari Kerja (Pencakar) dari empat BLK tersebut. “Kalau yang hadir saat pembukaan hanya perwakilan saja karena lagi pandemi Covid-19. Kalau kumpul semua tentu kita tidak sesuai Protokol Kesehatan (Prokes),” ujar Agus, Senin (8/3).

Baca Juga:   CTC dan Terra Komunika Akan Gelar Pelatihan Singkat Media Juara

Adapun tujuan pelatihan berbasis kopetensi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang berbasis kopetensi. Sehingga diharapkan peserta yang lolos untuk mengikuti pelatihaan ini dapat mengikutinya dengan sebaik mungkin.

“Keseluruhan rangkaian  pelatihan dilaksanakan dimasing-masing BLK. Mereka ikuti dengan baik, seluruh pelatihanan-pelatihan yang semuannya berbasis kemampuan teknis dan pokasi. Sehingga kita harapkan kedepan mereka bisa terserap pada pasar kerja. Paling tidak menjadi wirausaha mandiri, karena telah memiliki bekal kemampuan dan keterampilan,” jelasnya. (Pip/yud)




  • Bagikan