Disnakertrans Tuba Monitoring Penerapan UMK

  • Bagikan
Disnakertrans Tulangbawang melakukan monitoring penerapan UMK tahun 2020. FOTO DISNAKERTRANS TULANGBAWANG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tulangbawang (Tuba) melakukan monitoring ke sejumlah perusahaan. Tujuannya untuk memantau penerapan gaji sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2020.

Monitoring dalam rangka pelaksanaan SK Gubernur Lampung Nomor: G/805/V.07/HK/2019 Tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tulangbawang Tahun 2020.

Tim Disnakertrans Tulangbawang akan mendatangi perusahaan baik kategori besar, sedang, maupun kecil untuk mengecek secara sample guna memastikan gaji yang menjadi hak karyawan atau pekerja dibayarkan sesuai UMK.

Tujuan dari monitoring adalah untuk melihat, apakah ketetapan UMK Tulangbawang sebesar Rp2.443.313,29 telah dilaksanakan perusahaan pemberi kerja terhadap pekerjanya.

Jika terjadi perselisihan atau kesalahpahaman pelaksanaan pemberian upah, harus diselesaikan melalui perundingan bipartit. “Berdasarkan musyawarah mufakat dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku,” kata Kabid Hubungan Industrial dan Jamsos Andri usai monitoring di SPBU 24.345.107 terminal Menggala, Kamis (27/8).

Baca Juga:   Buka Lima Gerai, Polres Tuba Vaksin 1.558 Orang

Menurut Andri, pihaknya sudah mensosialisasi ketentuan UMK 2020, sehingga tidak ada alasan bagi perusahaan untuk membayar gaji di bawah standar UMK Tulangbawang.

Monitoring pelaksanaan UMK akan terus dilakukan kepada perusahaan-perusahaan lain yang ada di Tulangbawang. (nal/sur)




  • Bagikan