Disparbud Kembangkan Dua Desa Wisata Unggulan


RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemkab Tanggamus menetapkan sembilan pekon sebagai desa wisata. Terkait pengembangan wilayah dan peningkatan perekonomian masyarakat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat menggandeng konsultan bidang pariwisata untuk memberikan pendampingan.

Kepala Disparbud Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, sembilan pekon yang ditetapkan sebagai desa wisata tersebut adalah Pekon Kiluannegeri di Kecamatan Kelumbayan; Pekon Sukaraja, Kecamatan Semaka dan Pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting.





Kemudian Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kotaagung Timur; Pekon Putihdoh, Kecamatan Cukuhbalak; Pekon Sumbermulyo, Kecamatan Sumberejo; Pekon Sukamaju dan Pekon Muara Dua di Kecamatan Ulubelu.

Penetapan sembilan desa wisata tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Tanggamus Nomor B.195/39/08/2021 tentang penetapan desa/pekon wisata Kabupaten Tanggamus.

Baca Juga:   Bupati Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Rob

“Untuk tahun ini, dua desa wisata yang akan kita berikan pendampingan agar lebih berkembang, yaitu Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kotaagung Timur yang memiliki destinasi wisata air terjun Way Lalaan dan Pekon Sumbermulyo, Kecamatan Sumberejo yang memiliki Dusun Sailing tempat kerajinan kain tenun Lampung,” kata Retno Noviana Damayanti.

Menurut Retno Noviana, dua pekon tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan sehingga bisa menjadi destinasi wisata unggulan.

“Kami ingin dua pekon tersebut menjadi destinasi wisata unggulan, sehingga para turis, baik itu lokal maupun internasional dapat tertarik berkunjung,” sebut dia.

Dilanjutkan Retno, untuk membangun sebuah desa wisata dibutuhkan pendampingan oleh tenaga ahli. Khususnya dalam penguatan sumber daya manusia (SDM) di pekon.

Baca Juga:   Koordinasi Bahas Alokasi Gaji PPPK

Karena itu, Disparbud menggandeng Indonesian Fighter Tourism Association (IFTA) untuk memberikan pembinaan sehingga wisata yang ada di pekon layak untuk dijual ke seluruh nusantara bahkan hingga internasional.

“Kita kerjasama dengan IFTA untuk lebih mengeksplore destinasi wisata yang ada di Tanggamus. Kalau Kiluan dan Gigi Hiu Kelumbayan kan memang sudah terkenal. Nah, ini kita mau agar Dusun Sailing Pekon Sumbermulyo dan Pekon Kampung Baru wisatanya bisa lebih dikenal secara luas lagi. Tentunya dengan peningkatan SDM masyarakat sekitar, khususnya kelompok sadar wisata (Pokdarwis),” ujar Retno. (ehl/rnn/ais)