Disporapar Tubaba Pastikan Paskibraka Siap Bertugas

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), memastikan kesiapan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk Upacara Hari Ulang Tahun ( HUT) Republik Indonesia (RI) ke 76 pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Dari 31 anggota Paskibraka Kabupaten Tubaba, 12 anggota telah dilakukan Karantina terlebih dahulu sejak 2 Agustus lalu. Kini, 19 anggota lainnya juga sudah mulai dilakukan Karantina terhitung sejak 10 Agustus sebagai formasi pasukan hingga daerah persiapan di lapangan upacara yang terletak di Pemda nantinya.


“Dalam pelaksanaan HUT RI tahun ini, petugas pengibar bendera baik saat penaikan maupun penurunan, nantinya hanya 9 orang dan 3 cadangan, makanya 12 orang kita karantina lebih awal. Sementara sisanya, baru kita karantina beberapa hari ini, karena mereka hanya terbatas formasi pasukan hingga batas daerah persiapan lapangan,” kata Kepala Disporapar Tubaba, Mansyur Yoesuf, Jumat (13/8).

Baca Juga:   Tubaba Prioritas Rampungkan Tujuh Perda, Apa Saja ?

Lanjut Mansyur mengatakan, konsep pengibaran bendera itu menyesuaikan kondisi Pandemi Covid-19, serta Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI tanggal 28 Juli 2021, Nomor B-564/M/S/TU. 00.04/07/2021 tentang peringatan peringatan HUT RI ke 76.

“Seluruh anggota Paskibraka Kabupaten Tubaba itu dilakukan karantina hingga tanggal 18 Agustus di salah satu Wisma Kecamatan Tumijajar. Selain itu, terdapat pula 3 orang perwakilan Tubaba yang telah kita kirim sekitar 4 atau 5 hari yang lalu ke provinsi, untuk menjadi anggota Paskibraka di Provinsi Lampung,” jelasnya.

Lebih lanjut mantan Kabag Kesra Tubaba ini mengungkapkan, baik anggota Paskibraka maupun panitia, telah dilakukan swab guna memastikan kesehatan dan terbebas dari Covid-19, serta dalam masa karantina mereka wajib selalu menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitasnya.

Baca Juga:   Pemkab Tubaba Siapkan 400 Dosis Vaksin Rabies, Gratis !

“Tentu, dalam persiapan Pasukan ini Disporapar juga melibatkan beberapa pihak terkait, yakni Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Palang Merah Indonesia (PMI), TNI, Polri, dan dinas kesehatan.

“Untuk sarana prasarana lainnya juga telah kita pastikan, dan tanggal 16 Agustus nanti mereka akan melaksanakan gladi bersih terlebih dahulu, agar pada hari pelaksanaan upacara diharapkan berjalan dengan lancar.”tutupnya. (fei/wdi)




  • Bagikan