Dissos Jaring ODGJ yang Berkeliaran di Komplek Pemkab Tanggamus

  • Bagikan
Dissos Tanggamus menjaring ODGJ yang biasa berkeliaran di kompleks perkantoran Pemkab Tanggamus. ODGJ tersebut kemudian dibawa ke LKS Aulia Rahma Bandarlampung untuk mendapat penanganan. FOTO DOKUMEN DISSOS TANGGAMUS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Sosial (Dissos) Tanggamus mengevakuasi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berjenis kelamin laki-laki yang sering berkeliaran di kompleks perkantoran pemkab.

Kepala Dissos Tanggamus Zulfadli mengatakan, pihaknya melaksanakan proses penjaringan, lantaran ODGJ tersebut sudah meresahkan masyarakat di lingkungan perkantoran.


“ODGJ tersebut memang warga yang tinggal di kompleks perumahan Pemda Tanggamus, dan sudah meresahkan. Sehingga kami putuskan untuk evakuasi. Alhamdulillah, proses berjalan lancar,” kata Zulfadli.

Dilanjutkan, pihak keluarga juga sudah meminta kepada Pemkab Tanggamus melalui Dissos agar ODGJ tersebut direhabilitasi.

Dissos Tanggamus, lanjut Zulfadli, berencana untuk membawa ODGJ itu ke Rehabsos Penyandang Disabilitas Mental Dharma Guna di Bengkulu. Namun saat ini masih terkendala sejumlah persyaratan yang belum lengkap.

Baca Juga:   Tanggamus Bakal Miliki Destinasi Wisata Baru

“Untuk merujuk ke Rehabsos Bengkulu, ada banyak persyaratan yang harus dipenuhinya. Antara lain surat rujukan dari Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang menyatakan calon penerima manfaat telah menerima layanan rehab sosial tingka dasar dan ada juga surat dari rumah sakit jiwa (RSJ). Saat ini kita akan rujuk dulu di LKS Aulia Rahma Bandarlampung, karena Tanggamus belum ada. Sambil menunggu pemenuhan surat administrasi yang diperlukan,” terang Zulfadli. (ehl/rnn/ais)




  • Bagikan