Distribusi Logistik Daerah Rawan Jadi Prioritas

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menyikapi hari pemilihan yang kian dekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung semakin memfokuskan persiapan distribusi logistik Pemilu 2019.

Komisioner KPU Lampung Erwan Bustami menyebut, nantinya KPU Lampung akan berkoordinasi bersama KPU kabupaten/kota hingga tingkatan penyelenggara di bawah dalam mendistribusikan seluruh logistik. Terutama untuk daerah yang cukup jauh dan sulit dijangkau, akan menjadi prioritas.


“Untuk wilayah yang cukup jauh dan sulit dijangkau akan didahulukan dalam pendistribusiannya. Barulah nanti yang semakin dekat ke arah kota, karena kan tidak rentan pada resiko,” jelas Erwan melalui ponselnya Selasa (29/1).

Kemudian, untuk distribusi tiap kabupaten/kota nantinya juga berbeda-beda. Tapi KPU memastikan sesuai surat KPU Nomor 1266 seluruh logistik akan mulai didistribusikan 15 hari sebelum hari H (17/4) mendatang.

Baca Juga:   Pasca Rakernas, PAN Lampung Rumuskan Pemetaan Menuju 2024

Dalam tahap distribusi tahap pertama nanti yang akan didistribusikan adalah formulir C6 dan salinan DPT (Daftar Pemilih Tetap) untuk pemberitahuan kepada pemilih. “Jadi itu (formulir C6 dan salinan DPT) yang didistribusikan lebih dulu. Setelah itu di distribusi maka perlengkapan TPS (tempat pemungutan suara) termasuk kotak suara bilik dan surat,” jelas Erwan.

Pada saat distribusi, nantinya semua perlengkapan TPS dimasukkan ke dalam plastik lebih dulu. Baru dimasukkan ke dalam kotak suara. Barulah akan dibungkus lagi, terlebih jika akan dibawa melalui kapal untuk menyebrangi laut atau sungai yang terbilang rawan.

Sayangnya sampai saat ini, Erwan belum dapat memastikan waktu distribusi logistim yang akan dijadwalkan kabupaten/kota. Dengan alasan yang mengatur KPU kabupaten/kota masing-masing.

Baca Juga:   Sabar, Pendaftaran Ketua Demokrat Lampung Tunggu Juknis DPP

“Tapi yang penting itu satu hari sebelum 1 H, sudah ada di TPS. Dan sudah diterima KPPS atau PPS,” tambahnya.




  • Bagikan