DK Tubaba Bangun Panggung Kreatifitas

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Upaya Dewan Kesenian (DK) Tulang Bawang Barat (Tubaba), menggeliatkan kembali berbagai kegiatan kesenian direalisasikan dengan membangun panggung yang berlaokasi di Sesat Agung Bumi gayo Ragem Sai Mangi Wawai Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Ketua Dewan Kesenian Tubaba Fauzi Hasan mengatakan terobosan ini diambil sebagai upaya untuk memberikan ruang ekspresi bagi para seniman asal Tubaba yang telah lama menanti panggung semacam ini. Panggung DK Tubaba  terbuka untuk umum dan bisa dipakai semua masyarakat secara gratis.

Tujuannya semoga dapat menjadi wadah sebagai tempat bereksplorasi  berbagai kreatifitas dan budaya yang bisa terselenggara di panggung ini.

“Harapannya dengan ada icon panggung ini dapat menjadi cara menciptakan keunikan kreatifitas tersendiri di daerah Tubaba,”harap Fauzi.

Dapat berupa musik klasik dari Lampung, atau daerah lainnya seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Bali, Jawa, dan daerah lainnya.

Bukan hanya itu, Dewan Kesenian Tubaba juga akan memberikan pembelajaran di waktu-waktu tertentu dengan menggandeng tokoh adat untuk memberikan contoh cara berpakaian adat yang benar serta apa saja pakaian yang harus dikenakan ketika dalam sebuah pesta adat.

“Hal ini harus kita lestarikan, jangan sampai tokoh-tokoh malah semakin berusia, namun tidak ada generasi penerusnya,”harap Fauzi.

Selanjutnya, agar lebih memberikan warna di lokasi wisata baru Tubaba ini, pihaknya akan meminta seluruh aparatur tiyuh, kelurahan, serta kecamatan untuk menginventarisir siapa saja seniman yang ada di  tiyuhnya sehingga seniman-seniman lama dapat mempunyai ruang untuk berekspresi. (fei/ynk)




  • Bagikan