Dosen dan Mahasiswa Prodi Kimia ITERA, Lakukan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Organik dari Jerami dan Cangkang Telur

  • Bagikan

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Kimia pada kampus ITERA, melaksanakan penyuluhan pemanfaatan limbah jerami dan cangkang telur sebagai pupuk organik pada Kelompok Tani Sumber Maju Desa Patoman Kecamatan Pagelaran, Pringsewu.


Acara penyuluhan ini, diadakan di Kediaman Sugeng selaku Ketua Kelompok Tani Sumber Maju dan dihadiri oleh 12 anggota kelompok tani.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM ) yang diketuai oleh Prio Santoso, S.Si., M.Sc.

Ia menjelaskan, Kegiatan PKM, bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi jerami dan cangkang telur.

Sebab, Berdasarkan data BPS tahun 2020, produksi padi di Kecamatan Pagelaran mencapai 23.000 ton/tahun dari lahan seluas 4.000 hektar dan Desa Patoman merupakan penyumbang utama produksi tersebut.

Baca Juga:   Mahasiswa UBL Juara Nasional KBKM 2021

Jerami sebagai produk samping diperkirakan mencapai 1,5 ton setiap 1 ton gabah.

“Jerami ini sebagian kecil dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan sebagian besar menjadi limbah yang dibakar setelah panen. Tentu saja ini dapat menimbulkan dampak negatif, yaitu polusi udara dan menyebabkan kematian sebagian besar mikroorganisme penyubur tanah jika dilakukan secara terus-menerus,”jelas Prio.

Sementara, Anggota Tim Dosen PKM ITERA, Dr.Rahmat Kurniawan menambahkan, berdasarkan sumber dari Akhtar, dkk (2019), menjelaskan bahwa Jerami dapat dimanfaatkan sebagai pupuk karena memiliki kandungan N (0,4 persen), P (0,02 persen), dan K (1,4 persen).

“Penggunaan jerami sebagai pupuk dapat lebih optimal ketika dikombinasikan dengan cangkang telur yang diketahui memiliki kandungan 90 persen Ca,” tambah Dr.Rahmat.

Selain itu, Dr.Rahmat juga memberikan referensi dari Ermawati dkk. (2019) yang menjelaskan bahwa Ca berperan dalam pembentukan dinding sel tanaman, dibutuhkan untuk pertumbuhan tunas, akar dan buah serta membantu tanaman untuk bertahan dari serangan hama penyakit.

Baca Juga:   Selamat! Rektor IIB Darmajaya Resmi Sandang Gelar Doktor

Berbekal beberapa referensi tersebut,Tim PKM Prodi Kimia ITERA lakukan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Organik dari Jerami dan Cangkang Telur.

Bahkan, Pupuk organik dari jerami padi dan cangkang telur yang telah berhasil dibuat oleh Prodi Kimia ITERA diberi nama OZT (Organic fertiliZaTion).

“OZT ini telah diberikan kepada Kelompok Tani Sumber Maju sebagai contoh untuk kemudian dimanfaatkan dan dipraktikkan secara langsung pembuatannya. Dengan demikian, jerami dan cangkang telur yang selama ini sebagai limbah dapat dimanfaatkan sebagai pupuk untuk meningkatkan kesejahteraan para petani,”pungkas Dr.Rahmat. (gie/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan