Dosen FK Unila Gelar Promosi Kesehatan Berbasis Rumah Sakit untuk Tangkal Hoaks tentang Vaksinasi Covid-19

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Saat ini, dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19. Pada 17 September 2021, di Indonesia, terdapat 4.185.144 kasus terkonfirmasi dan 140.138 kematian. Sementara per 13 September 2021, sebanyak 117.597.616 dosis vaksin telah didistribusikan ke seluruh Indonesia (WHO, 2021).

Namun, baru sekitar 21,67 persen dari total sasaran populasi di Indonesia yang mendapatkan vaksin kedua (Kementerian Kesehatan RI, 2021). Di Lampung, per 18 September 2021 cakupan vaksinasi kedua masih sebesar 9,37% dari total sasaran vaksinasi sebanyak 6.645.226 penduduk (Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, 2021).


Menurut Data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, pada 18 Maret 2021 terdapat 1.088 kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Lampung Utara. Hal ini menjadikan Kabupaten Lampung Utara sempat menempati peringkat ke-3 kabupaten/kota dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 tertinggi di provinsi Lampung.

Salah satu sebab tingginya kasus Covid-19 di Kabupaten Lampung Utara karena kurangnya kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Baca Juga:   Polsek Kedaton Buka Gerai Vaksin

Permasalahan mendasar lainnya yaitu berita hoaks terkait vaksin di Indonesia menjadi faktor resiko rendahnya partisipasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Mengingat tingginya jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Lampung Utara, maka sangat penting untuk dilakukan sosialisasi guna meningkatkan pemahaman dan literasi masyarakat, tentang pentingnya vaksinasi sebagai upaya preventif dalam menekan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Merespon situasi tersebut, Tim dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Tim FK UNILA) yang diketuai oleh Ns. Bayu Anggileo Pramesona, MMR, PhD, beserta kedua anggota tim yaitu Prof. Dr. Dyah Wulan, SKM, M.Kes dan Dr. Suharmanto, MKM telah melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat.

Tema pengabdian tersebut, bertajuk Promosi Kesehatan Berbasis Rumah Sakit sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan dan Literasi Masyarakat untuk Melakukan Vaksinasi Covid-19 di RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi.

Baca Juga:   UKM Ar-Rahman Universitas Teknokrat Indonesia Raih Juara I Lomba Podcast Islami

Ketua Tim Dosen Unila,  Ns. Bayu Anggileo Pramesona, MMR, PhD menyampaikan, kegiatan Promosi Kesehatan Berbasis Rumah Sakit, telah berlangsung pada 27 Juli 2021. Ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan literasi masyarakat terkait vaksinasi Covid-19.

Sehingga, Dirinya berharap dapat meningkatkan keikutsertaan masyarakat untuk melakukan vaksinasi yang pada akhirnya dapat menekan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Lampung Utara pada khususnya.

Terdapat lebih dari 100 peserta yang hadir untuk melakukan vaksinasi di RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi. “Kami sengaja datang ke RSD HM Ryacudu Kotabumi untuk melakukan promosi kesehatan terkait vaksinasi Covid-19, selain memberikan informasi yang valid tentang vaksin, kami juga mengajak pengunjung RS untuk tidak takut melakukan vaksinasi”, tutupnya. (gie/yud)




  • Bagikan