Dosen ITERA Petakan Potensi Banjir dan Jalur Evakuasi Bencana di Tanggamus

  • Bagikan

Radarlampung.co.id – Tim dosen Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan kajian pemetaan banjir di Desa Sukamara, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Kegiatan yang merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini, selain bertujuan menghasilkan peta sebaran banjir secara eksisting yang selanjutnya dapat digunakan sebagai peringatan dini bagi warga setempat juga menghasilkan peta jalur evakuasi bagi masyarakat jika banjir terjadi.

Ketua program pengabdian kepada masyarakat (PkM), M Gilang Indra Mardika mengatakan, kegiatan pengabdian dilakukan sejak awal April lalu, dan tim ITERA telah terjun ke lokasi melakukan survei bersama pemuda karang taruna desa setempat untuk men-tracking titik-titik lokasi rawan banjir.

Baca Juga:   Bakal Dimulai, Ini Catatan Pelaksanaan PPDB

Sebagai tindak lanjut dari survey dan pengolahan data yang dilakukan, tim dosen dan mahasiswa ITERA, telah menyerahkan hasil kajian berupa peta sebaran daerah banjir lengkap dengan jalur evakuasi kepada perwakilan Desa Sukamara, Tanggamus.

“Kami berharap, peta itu disosialisasikan kepada masyarakat, dan dapat teredukasi,” ungkap Gilang. (gie/rls/yud)



  • Bagikan