Dosen Polinela Gelar Penyuluhan Teknologi Produksi Tanaman Padi 

  • Bagikan
FOTO IST.

RADARLAMPUNG.CO.ID – Padi merupakan salah satu komoditas penting yang ada di Indonesia. Sayangnya, banyak kendala yang dihadapi petani dalam melakukan budidaya padi seperti hama dan penyakit tanaman.

Sebagai dosen yang sudah lama mempelajari tanaman padi, Ir. Jaenudin Kartahadimaja, MP., dan tim membantu petani dalam menangani masalah-masalah yang ada.

Cara awal yang dilakukan adalah dengan memberikan penyuluhan langsung kepada petani. Penyuluhan sangat diperlukan supaya tidak ada gab antara kebaruan teknologi dan petani. Dosen menjembatani penyaluran ilmu dan teknologi yang selalu berkembang.

Baca Juga:   Prodi Bisnis Digital Darmajaya Latih Alumni IPB Lampung Digital Marketing

Penyuluhan dilakukan di Balai Desa Sidosari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan pada tanggal 29 Agustus 2020 lalu dengan tema Budidaya Tanaman Padi (Hama dan Penyakit Tanaman).

FOTO IST.

Penyuluhan yang dilakukan oleh dosen Polinela diharapkan mampu memberikan pengetahuan tentang hama dan penyakit tanaman yang menyerang padi serta cara pengendaliannya. Jaenudin menjelaskan, kendala yang ada di pertanaman padi di Desa Sidosari adalah serangan hama wereng dan petani pun masih kesulitan dalam mengendalikan hama wereng tersebut.

Baca Juga:   Prodi Bisnis Digital Darmajaya Latih Alumni IPB Lampung Digital Marketing

Saat penyuluhan dilakukan, tim memberikan solusi pengendalian dengan pengendalian hama terpadu. Pengendalian hama terpadu adalah suatu konsep atau cara berpikir dalam upaya pengendalian populasi atau tingkat serangan hama dengan menerapkan berbagai teknik pengendalian yang dipadukan dalam satu kesatuan untuk mencegah kerusakan tanaman dan timbulnya kerugian secara ekonomis serta mencegah kerusakan lingkungan dan ekosistem. (*/sur)

Baca Juga:   Prodi Bisnis Digital Darmajaya Latih Alumni IPB Lampung Digital Marketing




  • Bagikan



Viral Polisi Terlantar di Merak, Brigadir Agus Dijemput Pulang Polda Lampung Diduga Bunuh Diri, Pemuda Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Lampung Barat Diguncang Gempa Tektonik