Dosen Tetap FK Unmal Prof Taruna Ikrar Raih ICMI Award Bidang Teknologi Kesehatan

  • Bagikan

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dosen Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati  (FK Unmal) Bandarlampung, sekaligus Ilmuwan asal Makassar, Prof Taruna Ikrar M Pharm MD PhD kembali mendapatkan penghargaan penting.



Kali ini, ia menerima penghargaan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Award bidang Teknologi Kesehatan. Penghargaan ICMI Award tersebut berlangsung di Hotel Grand Asrilia Bandung, Sabtu (4/12).

Prof.Taruna Ikrar didaulat menerima penghargaan berkat pengaruh dan manfaat penemuannya terhadap Kemajuan Ilmu, teknologi, ekonomi, sosial, masyarakat, baik secara nasional maupun internasional.

Penghargaan tersebut diterima Prof.Taruna Ikrar dalam Muktamar VII ICMI Tahun 2021 dan MILAD ke-31 ICMI bertema “Membangun Indonesia Bermartabat, Menuju Indonesia Emas 2045”

Menanggapi hal tersebut, Rektor UNMAL, Dr.dr.Achmad Farich,MM didampingi Kepala Humas Unmal, Tarmizi bersyukur atas raihan Dosen tetap FK Unmal Prof. Dr. Taruna Ikrar yang mendapatkan Penghargaan ICMI Award Bidang Teknologi Kesehatan.

Bahkan, Prof. Taruna Ikrar sebelumnya juga mempunyai penghargaan yang luar biasa yakni Jadi Orang Indonesia Pertama yang Terpilih sebagai Direktur IAMRA atau Direktur Konsil Dokter Sedunia.

“Segenap civitas akademik Unmal ikut bangga dengan pretasi yang di dapat oleh Prof. Taruna,” Ucapnya.

Dengan raihan tersebut, Dr.Farich merupakan salah satu langkah Unmal mewujudkan visi Universitas yakni Menjadikan Unmal menjadi Universitas yang unggul, terpercaya dan mandiri serta berstandar mutu Internasional dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan IPTEK, budaya yang berkualitas dan Religius.

Senada dengan dia, Dekan Fak.Kedokteran Unmal,dr.Toni Prasetyo Sp, PD FINASIM mengucapkan selamat dan sukses kepada  Dosen Tetap FK Unmal, Prof. Taruna Ikrar Kembali raih penghargaan. Kali ini, penghargaan ICMI Award bidang Teknologi Kesehatan.

Dengan raihan tersebut, dr.Tony menyampaikan, salah satu bentuk misi Fakultas Kedokteran Unmal yakni untuk mewujudkan visi Fakultas menjadikan Fakultas Kedokteran Unmal yang unggul berwawasan internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan yang beretika religius dengan berbasis komunitas pada tahun 2027 mendatang.

Terpisah, Prof.Taruna Ikrar menyampaikan bahwa ia telah melakukan penelitian kedokteran lebih 20 tahun, dan menghasilkan karya ilmiah Kedokteran lebih 100 artikel, yang dipublikasikan di journal bereputasi International dengan ribuan situasi.

Yakni seperti Nature Journal, New England Journal of Medicine, Physiology Journal, Neuron Journal, Circulation Journal, Molecular Therapy, Frontier Journal dan lainnya.

Prof.Taruna Ikrar yang menerima apresiasi tersebut, juga melihat pentingnya keberadaan ICMI. Bahkan, ia juga turut menyoroti tentang bagaimana pengaruh umat Islam pada kehidupan berbangsa, kaitannya dalam kiprah ICMI sejauh ini.

“Dengan kondisi yang membaik ini, maka pada dasawarsa 80-an mitos bahwa umat Islam Indonesia merupakan mayoritas tetapi secara teknikal minoritas runtuh dengan sendirinya,” ujarnya.

Di sisi lain, pendidikan berbangsa dan bernegara yang diterima kaum santri di luar dan di dalam kampus telah mematangkan mereka bukan saja secara mental, tetapi juga secara intelektual.

Sebagai informasi, ajang pemberian penghargaan setiap lima tahunan tersebut juga dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin. Ia menghimbau untuk saling kerja sama seluruh komponen masyarakat untuk memulihkan kondisi bangsa pasca Pandemi Covid-19 termasuk kerja sama dengan ICMI.

Tentunya, dengan menerapkan perpaduan ilmu dan iman di setiap langkah yang dijalani, yakni dengan Berbekal ilmu dan iman, cita-cita bangsa akan terwujud bila seluruh komponen masyarakat bahu membahu.

“Sebagai mitra strategis pemerintah, saya berharap ICMI dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi dan dampak yang diakibatkan,”ucapnya. (gie/rls/yud)






  • Bagikan