Dosen Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pelatihan ke Pelaku UMKM di Pekon Panggung Rejo

  • Bagikan
Sumber foto Universitas Teknokrat Indonesia

RADARLAMPUNG.CO.ID-Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Bina Desa dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia menyasar Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, Rabu (17/11). Kegiatan ini diisi sejumlah pelatihan. Diantaranya pelatihan pembuatan merek produk dan penyusunan laporan keuangan UMKM. Materi pelatihan diberikan tiga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknokrat Indonesia. Yakni Dhiona Ayu Nani, M.Sc, Larasati Ahluwalia, M.Sc dan Tri Darma Rosmala Sari, S.E., M.S.Ak.

Peserta pelatihan terdiri dari perwakilan UMKM di lingkungan desa. Diantaranya UMKM untir-untir Aang, UMKM kripik pisang, singkong, UMKM Ragam kue dan roti, pengrajin batu bata dan pengrajin genteng. Selain para pelaku UMKM, turut hadir Kepala Desa, Supartono,  dan jajarannya.

Menurut ketua tim, Tri Darma Rosmala Sari, pelatihan ini diharapkan menambah wawasan para pelaku usaha. Pelaku usaha juga diharapkan bisa lebih terampil dalam membuat kemasan produk. Sehingga mampu meningkatkan penjualan produk UMKM.

“Kami senang dapat berbagi ilmu dan pengalaman kepada masyarakat di desa. Mereka memiliki potensi bisnis, kita sebagai insan akademik harus mendorong dan membina mereka agar lebih memiliki kemampuan dan strategi yang efektif,” tutur dosen yang menjabat sebagai Ketua Program Studi Akuntansi tersebut.

Kegiatan yang merupakan program unggulan Universitas Teknokrat Indonesia itu mendapatkan apresiasi dari Dekan Dr H Mahathir Muhammad, S.E., M.M. Menurut Mahathir, kegiatan pendampingan masyarakat desa ini merupakan bentuk kepedulian sekaligus tanggungjawab perguruan tinggi terhadap kemajuan masyarakat. Menurutnya, pihak universitas sangat mendukung dan mendorong civitas akademika untuk mengabdi ke masyarakat.

Baca Juga:   UBL Terbaik 1 JDIH Awards 2021 

“Kami support penuh kegiatan ini baik biaya maupun fasilitas. Kami berharap, selain menjadi ajang penerapan ilmu bagi para dosen dan mahasiswa, kegiatan ini dapat mengembangkan potensi desa dan meningkatkan taraf hidup masyarakat,” tutur Mahathir.

Kegiatan ini merupakan rangakaian program PKM Bina Desa. Kegiatan pertama telah dilaksanakan pada 5 Oktober 2021 berupa pelatihan pembuatan website desa yang disampaikan Ade Surahman, S.Kom., M.kom dan  Sanriomi Sintaro, M.Kom. Selain dosen mahasiswa yang turut terlibat adalah Taufik Rhamadan dan Yasephine  dari Prodi Akuntansi, Izudin dan  Lili Andraini (Teknik Komputer).(rls/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan