Dosen Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pendampingan Aplikasi Smart Village

  • Bagikan
Sumber foto Universitas Teknokrat Indonesia

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dosen Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universtias Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera bersama mahasiswa melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Skema Desa Binaan Hibah Universitas Teknokrat Indonesia yang dilaksanakan di Desa Sukanegeri Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.

“Kami sangat senang bisa dikunjungi Universitas Teknokrat Indonesia dalam rangka kegiatan PKM untuk melatih perangkat desa dan masyarakat kami dalam menggunakan Smart Village dan administrasi perkantoran, semoga kegiatan semacam ini dapat berlanjut dan bisa terjalin kerja sama antara Universitas Teknokrat Indonesia dengan Desa Sukanegeri Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus,” kata Risdianto Kepala Pekon Desa Sukanegeri Jaya.



Pelaksanaan kegiatan PKM meliputi Pendampingan Penggunaan Aplikasi Smart Village Pengelolaan administrasi Desa dan Pengarsipan Elektronik (E-Filling) yang dikembangkan mahasiswa didampingi Dosen Universitas Teknokrat Indonesia. Tujuan dari adanya Kegiatan PKM ini adalah mendigitilisasi layanan informasi dan pengelolaan administrasi Desa Sukanegeri Jaya Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.

Baca Juga:   63 Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Lolos Program Kampus Mengajar

Dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain Heni Sulistiani, M.Kom. selaku ketua Kegiatan PKM dan Dr. Dedi Darwis, M.Kom. selaku anggota dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia.

Mahasiswa dan Asisten Dosen yang mengembangkan Aplikasi Smart Village Pengelolaan administrasi Desa dan Pengarsipan Elektronik (E-Filling) yakni Angga Bayu Santoso, S.Kom., Fika Trisnawati, S.T., Agung Saputra, Aidil Akbar dan Aprian Nuriansyah.

Baca Juga:   Balitbangda Resmikan Techno Expo Universitas Teknokrat Indonesia Dengan Kendarai Mobil Balap Listrik

Pada PKM ini dilaksanakan pengembangan dan pendampingan penggunaan Smart Village yang dapat diakses pada situs/website melalui link http://www.sukanegerijaya.id, dalam sistem tersebut terdapat fitur-fitur diantaranya informasi tata kelola kantor Desa Sukanegeri Jaya, dan profil desa.

Sistem ini menyediakan informasi dan kegiatan desa agar dapat dikonsumsi oleh publik tidak hanya warga Desa Sukanegeri Jaya, namun bisa diakses oleh siapapun sehingga dapat menambah citra baik desa. Tidak hanya untuk menunjang mobilitas warga juga memudahkan desa untuk mensosialisasikan program-program desa dan pelayanan masyarakat.

Dengan adanya sistem Informasi profil akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses informasi secara cepat dan akurat.

Kemudian mencakup pula data desa yang digunakan sebagai informasi kependudukan agar masyarakat dapat dengan mudah mengajukan surat di Desa Sukanegeri Jaya. Sistem ini menyediakan layanan administrasi surat secara elektronik. Masyarakat yang membutuhkan surat tertentu tidak harus datang langsung ke kantor desa untuk mendapatkan surat yang dibutuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan handphone.

Baca Juga:   63 Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Lolos Program Kampus Mengajar

Ahmad Ari Aldino, S.Si., M.Si., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Teknokrat Indonesia mengatakan, desa binaan adalah salah satu program unggulan Teknokrat dalam bidang pengabdian. “Dengan pengabdian ini, dosen dan mahasiswa bisa berbuat konkret untuk lingkungan. Khususnya memberikan pendampingan dan pemberian pengetahuan terkait penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi dengan lebih baik,” katanya. (rls/wdi)






  • Bagikan