DP2KBP3A Gelar Pelatihan dan Pembinaan Terpadu Kampung KB

  • Bagikan
Pelatihan dan pembinaan terpadu kampung KB di aula TP PKK yang digelar Dinas P2KBP3A Lampung Barat, Selasa (26/10). FOTO DOKUMEN Dinas P2KBP3A Lambar

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Lampung Barat menggelar pelatihan dan pembinaan terpadu kampung KB di aula TP PKK, Selasa (26/10).

Kepala DP2KBP3A Lambar M. Henry Faisal mengungkapkan, sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Januari 2016, Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan.


Ini sebagai wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan Nawacita ke-3. Yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Secara umum, kata Henry, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Bangga Kencana serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Baca Juga:   Tiga Peserta Ujian Dinas Tidak Lulus

Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program Bangga Kencana dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

“Sasaran kegiatan yang merupakan subyek dan obyek dalam pelaksanaan kegiatan operasional pada Kampung KB selain keluarga. PUS, lansia, dan remaja, juga keluarga yang memiliki balita, remaja dan lansia,” papar Henry.

Sedangkan sasaran sektoral menyesuaikan dengan bidang tugas masing-masing, yang pelaksananya adalah kepala desa atau lurah, PKB, petugas lapangan sektor terkait, TP PKK, kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dalam hal ini PPKBD dan Sub PPKBD, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda serta kader pembangunan lainnya. (nop/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan