DPD RI Mayoritas Wajah Baru, DPR RI Masih Didominasi Petahana


ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hasil pleno KPU Lampung juga bisa membaca siapa yang bakal duduk sebagai calon wakil Lampung di Senayan. Untuk DPD RI misalnya, empat petahana yang sebelumnya duduk diprediksi tidak kembali mendapatkan kursinya.

Hal ini berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Lampung. Di mana empat calon dengan suara terbesar merupakan pendatang baru. Misalnya calon DPD nomor urut 36 Jihan Nurlela mendapatkan suara paling besar dengan total 810.373 suara.





Kemudian disusul calon DPD nomor urut 22 Abdul Hakim dengan total 381.963 suara. Kursi ke tiga diprediksi jatuh ke Ahmad Bastian yang memperoleh sebanyak 377.067 suara. Terakhir dipegang mantan Bupati Waykanan Bustami Zainudin dengan perolehan suara sebanyak 285.784 suara.

Berbeda halnya dengan DPR RI, calon wakil rakyat yang berbasis partai ini masih dipenuhi wajah petahana. Demikian berdasarkan data hasil pleno KPU Lampung dengan penghitungan sainte lague yang dilakukan radarlampung.co.id.

Misalnya saja didapil Lampung 1 dari 10 caleg, wajah baru yang menghiasi kursi DPR RI hanya empat orang. Mereka ialah Mukhlis Basri dari PDI Perjuangan, Lodewijk F. Paulus yang juga Sekjen DPP Partai Golkar, Muhammad Kadafi dari PKB, dan Taufik Basari dari Partai NasDem.

Sementara di dapil Lampung 2, khususnya PDI Perjuangan bakal berubah wajah. Di mana, Bambang Suryadi dan I Komang Koheri yang sebelumnya sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung berhasil meraih kursi. Kemudian Partai Golkar ada Hanan A. Rozak diprediksi bakal memperbaharui kursi DPR RI dari Lampung.

Data Calon Anggota DPR RI Lampung Hasil Pleno Rekapitulasi Suara KPU Lampung

DPR RI Dapil Lampung 1

1. PDI Perjuangan – Mukhlis Basri

2. Partai Demokrat – Zulkifli Anwar

3. Partai Golkar – Lodewijk F. Paulus

4. PAN – Zulkifli Hasan

5. Partai Gerindra – Ahmad Muzani

6. PKS – Al Muzzamil Yusuf

7. PKB – Muhammad Khadafi

8. PDI Perjuangan – Sudin

9. Partai NasDem – Taufik Basari

10. PDI Perjuangan – Endro S. Yaman

DPR RI Dapil Lampung 2

1. PDI Perjuangan – Bambang Suryadi

2. Partai Golkar – Azis Syamsudin

3. Partai Gerindra – Dwita Ria Gunadi

4. PKB – Ela Siti Nuriamah

5. Partai Demokrat – Marwan Cik Asan

6. Partai NasDem – Tamanuri

7. PKS – Junaidi Auly

8. PDI Perjuangan – I Komang Koheri

9. PAN – Alimin Abdullah

10. Partai Golkar – Hanan A. Rozak