DPMPT Tubaba : Dana Desa Juga Bisa Dipakai untuk Kegiatan Sosial


Pagu Anggaran Dana Desa 2022 untuk Desa di Pesawaran Rp155 M
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Tiyuh (DPMT) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menyarankan lembaga sosial, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan di tingkat tiyuh berkoordinasi dengan masing-masing kepala tiyuh saat akan melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kabid Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat pada DPMT Tubaba, Iwan Setiawan, SH, MH mengatakan, anggaran pemberdayaan masyarakat untuk keorganisasian tingkat tiyuh telah diatur dan dianggarkan dalam anggaran Dana Desa.





“Saat ini anggaran Dana Desa sudah diserahkan ke tiyuh masing-masing, tidak seperti dulu lagi. Sehingga jika ada suatu organisasi atau lembaga sosial masyarakat yang akan menggelar kegiatan atau berkreativitas dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, maka berkoordinasi dengan pemerintah Tiyuh. Sebab, pos anggarannya memang ada di Tiyuh masing-masing,”ungkapnya, Selasa (18/6).

Di sisi lain, lanjutnya, keterbatasan anggaran pada dinas terkait menyebabkan sulitnya untuk langsung menggagas kegiatan yang direncanakan di tingkat Kabupaten, seperti kegiatan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dan kegiatan sosial lainnya di tingkat tiyuh, karena lebih difokuskan di tingkat tiyuh.

“Jadi kalau DPMT ini mau langsung melakukan program sosial pemberdayaan masyarakat, sangat terbatas. Tetapi kami masih rutin menggelar rakor (Rapat Koordinasi) lembaga sosial yang biasanya sekaligus melakukan pembinaan, dan dipusatkan di satu kecamatan secara bergilir setiap bulannya,”pungkasnya. (fei/rnn/wdi)