DPMPTSP Pesawaran : Trend Investasi Terus Naik

  • Bagikan
Ilustrasi PAD sumber radarsolo.jawapos.com

RADARLAMPUNG.CO.ID- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pesawaran akan terus meningkatkan investasi dan pendapatan asli daerah (PAD). Caranya antara lain dengan monitoring, evaluasi dan sosialisasi kepada seluruh pelaku usaha di Kabupaten Pesawaran.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pesawaran, Singgih Pebriantoro mengatakan langkah itu juga menindak lanjuti amanat UU Nomor 25/ 2007 tentang penanaman modal dan UU nomor 25/2009 tentang pelayanan publik serta Permendagri 138/2017 tentang penyelenggaraan satu pintu.

Pihaknya, lanjut Singgih, telah melakukan monitoring, evaluasi serta pembinaan dan sosialisasi perundang undangan yang diarahkan untuk seluruh pelaku usaha di Pesawaran. Tujuannya agar bisa mengerti cara mengajukan dan melengkapi perizinan guna keberlangsungan usaha dan meningkatkan investasi.

“Kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan kita memantau seluruh perusahaan di 11 Kecamatan untuk memotret profil perusahaan, memantau kondisi perusahan tersebut dan memastikan perizinan itu sesuai dengan di lapangan. Setelah itu, kita juga memberikan pembinaan untuk mereka terkait untuk mengurus perizinannya dan sosialisasi tentang perundang undangan agar pelaksanaan penanaman modal tidak menyimpang dari ketentuan undang-undang,”ungkap Singgih, Minggu (21/3).

Baca Juga:   384 Pelamar CPNS dan PPPK Pesawaran TMS

Dari pelaksanaan monitoring, evaluasi dan sosialisasi lanjut Singgih, yang sudah dilaksanakan berdampak terhadap peningkatan nilai investasi dan penerimaan asli daerah (PAD) di Kabupaten Pesawaran.

Dimana trend nilai investasi dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan secara signifikan. Seperti target pada 2018 sebesar Rp. 395,78 miliar dan meningkat menjadi Rp. 455,73 miliar pada tahun 2019, serta PAD Kabupaten Pesawaran melebihi dari target yang ditetapkan pada 2020

“Meskipun saat ini masih dalam masa pandemi, namun berkat sinegritas semua bidang target kita tercapai, kedepan kita akan mempunyai daya saing dengan kabupaten lain. Diharapkan dengan iklim investasi yang baik dapat mengundang investor dari luar untuk berinvestasi di Kabupaten Pesawaran, dengan adanya investasi itu dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pesawaran” ujar Singgih.

Baca Juga:   Tangkap Tersangka Berikut BB Sabu

Selain itu, dari beberapa sektor yang diunggulkan, melalui sektor pariwisata akan dieksplor kembali terhadap potensi yang ada di Kabupaten Pesawaran untuk mempromosikan melalui potensi tersebut secara nasional dan mempromosikan kemudahan perizinan di Kabupaten Pesawaran.

“Sektor pariwisata kita lebih unggulkan namun tidak mengurangi sektor lainnya untuk kami eksplor kembali terhadap potensi yang ada untuk di promosikan melalui website secara nasional dan mempromosikan kemudahan perizinan di Kabupaten Pesawaran,” katanya. (ozi/wdi)




  • Bagikan