DPRD Lamtim Segera Evaluasi Realisasi APBD 2019

  • Bagikan
ALI JOHAN ARIF

radarlampung.co.id – DPRD Lampung Timur akan mengevaluasi penyerapan anggaran 2019. Padahal, dalam rapat yang dilaksanakan bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) beberapa waktu lalu, dewan meminta eksekutif segera mempercepat program kegiatan yang telah direncanakan.

Ketua DPRD Lampung Timur Ali Johan Arif menjelaskan, sebelum tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan supervisi terhadap progres pelaksanaan APBD 2019, beberapa waktu lalu pimpinan sementara DPRD bersama ketua fraksi telah melakukan evaluasi bersama TAPD.

Pada rapat evaluasi tersebut, dewan telah meminta eksekutif segera mempercepat program kegiatan yang telah direncanakan. Kenyataannya, dari hasil supervisi KPK, tingkat penyerapan anggaran baru mencapai 52 persen.

“Sebentar lagi sudah memasuki triwulan empat. Semestinya penyerapan anggaran harus segera ditingkatkan,” kata Ali Johan Arif usai dilantik sebagai Ketua DPRD Lamtim definitif, Selasa (15/10).

Karena itu, lanjut Ali Johan, setelah tata tertib disahkan dan alat kelengkapan dewan (AKD) terbentuk. Dewan akan kembali mengundang TAPD guna meminta kejelasan penyebab masih rendahnya penyerapan anggaran dan solusinya.

Terpisah, Ketua Fraksi PKB DPRD Lamtim Achmad Basuki menyesalkan tingkat penyerapan anggaran yang baru mencapai 52 persen. Itu termasuk belanja langsung dan belanja tidak langsung.

Menurutnya, kalau dipisahkan, penyerapan untuk belanja tidak langsung atau kegiatan pembangunan, maka tingkat penyerapannya masih di bawah 50 persen. “Masih rendahnya tingkat penyerapan anggaran merupakan bukti kegagalan eksekutif dalam merealisasikan APBD 2019,” sesal Achmad Basuki. (wid/ais)

 




  • Bagikan