DPRD Setujui Raperda Tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah

  • Bagikan
Juru Bicara Banperda DPRD Tanggamus Edy Yalismi membacakan laporan hasil pembahasan terhadap rancangan perda pengarustamaan gender dalam pembangunan daerah, Kamis (1/7). FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – DPRD Tanggamus menyetujui raperda tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah. Hal tersebut diputuskan pada rapat paripurna, Kamis (1/7).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan dihadiri 33 anggota dan dilaksanakan secara virtual.

Bupati Dewi Handajani, Wakil Bupati AM. Syafi’i, Sekretaris Kabupaten Hamid Heriansyah Lubis dan jajaran Forkopimda mengikuti rapat dari rumah dinas bupati.

Juru bicara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Banperda) DPRD Tanggamus Edy Yalismi dalam laporan hasil pembahasan menyampaikan, ada sejumlah pasal yang diubah untuk penyempurnaan.

Di antaranya ketentuan pasal 4 diubah, sehingga pasal 4 selengkapnya, “ruang lingkup pengarusutamaan gender meliputi seluruh perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pelaporan, pemantauan dan evaluasi kebijakan dan program pembangunan daerah”.

Baca Juga:   Tanggamus Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Katagori Pratama

Kemudian ketentuan pasal 14 ayat 3 diubah, sehingga menjadi, “pelaksanaan tugas fokal point pengarusutamaan gender sebagaimana dimaksud pada ayat 2 dikoordinasikan oleh pejabat pada setiap OPD yang membidangi tugas pemberdayaan perempuan”.

“Lalu ketentuan pasal 22 diubah, sehingga selengkapnya sebagai berikut, pada saat peraturan daerah ini diundangkan kepada pemerintah daerah, kecamatan, kelurahan, pemerintahan pekon, setiap pelaku usaha, perguruan tinggi dan lembaga masyarakat lainnya dalam kegiatan pengarustamaan gender berpedoman pada peraturan daerah ini,” papar Edy Yalismi.




  • Bagikan