DPRD Tanggamus Sampaikan Dua Raperda Inisiatif


Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Tanggamus Edy Yalismi menampaikan dua raperda inisiatif. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – DPRD Tanggamus menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian raperda tentang pesantren dan Kabupaten Layak Anak.

Paripurna yang dihadiri 41 anggota dewan itu dipimpin Ketua DPRD Heri Agus Setiawan didampingi Wakil Ketua I Irwandi Suralaga, Wakil Ketua II Tedi Kurniawan dan Wakil Ketua III Kurnain.





Hadir Bupati Dewi Handajani, Wakil Bupati AM. Syafi’i, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Hamid Heriansyah Lubis, para asisten, kepala OPD, kabag dan camat.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Tanggamus Edy Yalismi dalam  laporannya menyampaikan, penyusunan naskah akademik dua raperda inisiatif tersebut bekerja sama dengan Pusat Kajian Kebijakan Publik Hak Asasi Manusia (PKKP-HAM) Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila).

Edy Yalismi menjelaskan, pesantren merupakan pendidikan yang sangat dekat dengan masyarakat. Bahkan menjadi bagian tak terpisahkan dari masyatakat.

Pada masing-masing komunitas agama dikenal berbagai macam pendidikan keagamaan. Keberagaman aspek lokalitas dalam pesantren ini penting untuk diatur melalui regulasi yang bersifat local. Sebagaimana fenomena pesantren di Tanggamus.

“Kabupaten Tanggamus memiliki kurang lebih 46 pesantren. Peran pemkab dalam memberikan fasilitasi terhadap pesantren merupakan kewenangan yang diamanatkan oleh undang-undang. Tujuannya agar pesantren mendapat fasilitas yang cukup dan memadai dari Pemkab Tanggamus,” kata Edy.