DPRD Tanggamus Setujui LKPj. Bupati Tahun 2021


Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan memimpin rapat paripurna penyampaian laporan hasil pembahasan Pansus, persetujuan DPRD dan pendapat akhir bupati terhadap LKPj. Bupati tahun 2021.

RADARLAMPUNG.CO.ID – DPRD Tanggamus menggelar rapat paripurna penyampaian laporan hasil pembahasan Panitia Khusus, rencana persetujuan dan pendapat akhir bupati terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj.)bupati tahun anggaran 2021.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan didampingi Wakil Ketua Irwandi Suralaga, Tedi Kurniawan dan Kurnain serta Sekretaris Dewan Sabarudin.





Hadir Bupati Dewi Handajani, Wakil Bupati AM Syafi’i, Forkopimda, para asisten, kepala dinas, camat dan berbagai kalangan lainnya.

Juru bicara Pansus DPRD Marini Sari Utami dalam laporannya mengatakan untuk mencapai hasil yang optimal, panitia khusus melaksanakan pembahasan melalui hearing dengan perangkat daerah pada tanggal 19-22 April 2022.

Hal ini dimaksudkan agar dapat menilai kinerja dan presentase realisasi masing-masing perangkat daerah dalam melaksanakan program kegiatan selama tahun 2021.

Adapun gambaran umum pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah Tanggamus tahun 2021 sebagai berikut, untuk pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp1.854.943.611.446. Sampai 31 Desember 2021 terealisasi sebesar Rp1.652.242.878.319, 02 atau 89,07 persen .

”Pada sektor belanja daerah, ditargetkan sebesar Rp1.986.334.724.658, 65. Sampai 31 Desember 2021 terealisasi Rp1.658.185.016.498, 79 atau 83, 48 persen,” terang Marini Sari Utami.

Untuk penerimaan pembiayaan daerah dianggarkan sebesar Rp133.491.113.212,65 dan terealisasi Rp38.490.843.212, 65. Kemudian pengeluaran pembiayaan daerah dianggarkan sebesar Rp2.100.000.000 dan terealisasi sebesar Rp0.

Selanjutnya DPRD Tanggamus juga memberikan sejumlah catatan dan saran. Di antaranya, menyarankan kepada bagian hukum dan yang terkait, benar-benar memahami secara komprehensif dalam penyusunan perbup atau produk hukum terkait pemilihan kepala pekon agar penyelenggaraan pilkakon serentak yang rencananya dilaksanakan pertengahan 2022 ini berjalan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kinerjanya perlu ditingkatkan. Terutama terkait pendamping penyusunan SPj. dana desa. Lalu perangkat daerah terkait seperti Bappelitbang dan Dinas PPKD dapat secara komprehensif menyusun kegiatan bersama dalam rangka pendampingan terhadap pengelolaan dana desa.

Untuk Dinas komunikasi dan Informatika, terkait pemasangan lokasi WiFi tower HP masih kurang tertata. Di mana, ada daerah yang sama sekali belum menerima pemasangan jaringan maupun tower.

”Saran agar Dinas Kominfo dalam pengajuan proposal kepada Kementerian Kominfo untuk selalu berkoordinasi dengan DPRD agar penataan lokasi tepat sasaran,” tegas Marini Sari Utami.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, kinerjanya masih belum maksimal. Tolok ukurnya, banyak koperasi yang mati suri. Dari 243 koperasi, yang aktif hanya 97 koperasi .

Demikian juga bidang UMKM, pembinaan terhadap usaha kecil masih belum maksimal. Karenanya kinerja Dinas Koperindag terus ditingkatkan.

DPRD juga mengapresiasi telah berdirinya sentra UMKM yang ada di rest area Gisting agar dapat dimaksimalkan untuk promosi produk-produk UMKM di Tanggamus.

Di sisi lain, kinerja RSUD Batin Mangunang Kotaagung dinilai masih belum maksimal. Di mana, banyak komplain dari masyarakat terkait layanan terhadap pasien dan lainnya. Saran agar manajemen RSUD Batin Mangunang terus meningkatkan kinerja pelayanan.

Demikian di Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura; Dinas Sosial, Dinas Perkebunan dan Peternakan. Pansus DPRD juga memberikan sejumlah catatan dan saran.

Setelah mendengarkan laporan juru bicara Pansus,  DPRD akhirnya menyimpulkan dan menyetujui LKPj. Bupati 2021.

Sementara Bupati Dewi Handajani dalam pendapat akhirnya mengatakan, catatan dan evaluasi dari LKPj., baik yang berupa rekomendasi, masukan dan kritikan dianggap sebagai suatu kontribusi yang  positif, untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan program pembangunan saat ini dan program selanjutnya.

”Untuk itu, kepada seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, saya meminta agar benar-benar mencermati berbagai masukan dan kritikan tersebut. Hendaklah itu semua dapat diakomodir dan disikapi dengan lebih serius, demi tercapainya tujuan dari program pembangunan yang kita laksanakan,” kata Dewi Handajani. (ehl/ais)