DPRD Tanggamus Setujui RAPBD Perubahan 2021

  • Bagikan
Juru Bicara Badan Anggaran DPRD Tanggamus Didik Setiawan menyerahkan laporan hasil pembahasan APBD perubahan tahun anggaran 2021 kepada Bupati dan pimpinan DPRD. FOTO RNN

Selanjutnya, Pemkab Tanggamus diminta untuk meningkatkan PAD dengan mengupayakan secara proposional dan seimbang dengan kebutuhan aktivitas pemerintah daerah.

“Lalu, agar terus dapat diupayakan efektivitas dan efisiensi serta meningkatkan pengawasan, baik secara internal maupun eksternal sesuai dengan harapan dan fungsi pada masing-masing lembaga. Baik legislatif maupun eksekutif,” pungkas Didik.


Sementara Bupati Dewi Handajani dalam pendapat akhirnya mengatakan,  penyusunan rancangan perubahan APBD ini telah disesuaikan dengan arah kebijakan pokok pembangunan yang merupakan prioritas dan tertuang dalam Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (KUPA-PPAS-P) tahun 2021.

“Dalam Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2021, telah tersusun struktur perubahan APBD yang terdiri dari pendapatan, belanja maupun pembiayaan dalam rangka mengakomodir kepentingan pelayanan terhadap masyarakat,” kata Dewi Handajani.

Baca Juga:   Berawal dari Anak Cekcok, Bapak Bacok Tetangga

Dilanjutkan, berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, pada pasal 181 menyebutkan bahwa raperda tentang perubahan APBD yang telah disetujui bersama DPRD, paling lama tiga hari kerja disampaikan kepada gubernur untuk dievaluasi serta mendapat persetujuan.

“Dalam kegiatan evaluasi oleh gubernur ini, disarankan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran Legislatif DPRD Tanggamus untuk ikut hadir bersama-sama, sehingga apa yang menjadi catatan dan rekomendasi dalam evaluasi tersebut dapat dipahami serta ditindaklanjuti untuk penyempurnaan bersama,” tegasnya.

Bupati juga secara khusus  menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Tanggamus yang telah memberikan persetujuan terhadap raperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2021. (iqb/ehl/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan