DPRD Tuba Gelar Paripurna Rekomendasi Penyampaian LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2020

  • Bagikan
Ketua DPRD Tulangbawang Sopi'i, S.H menyerahkan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2020. FOTO HUMAS DPRD TULANGBAWANG 

RADARLAMPUNG.CO.ID – DPRD Tulangbawang (Tuba) menggelar rapat paripurna penyampaian rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2020.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sopi’i, S.H, didampingi Wakil Ketua I Aliasan dan Wakil Ketua II Mursidah, S.E, para anggota DPRD, Sekretaris DPRD Haryanto beserta jajarannya.

Turut hadir juga Bupati Tulangbawang Dr. Hj. Winarti, S.E.,M.H beserta pejabat terkait dan Forkopimda setempat.

Dalam sambutanya, Ketua DPRD Sopi’i menyampaikan bahwa LKPJ ini merupakan salah satu bentuk perwujudan amanat konstitusi, yaitu pertanggungjawaban tahunan atas pelaksanaan pemerintahan daerah.

LKPJ berisi tentang laporan atas implementasi kebijakan pembangunan dan keuangan yang sudah ditetapkan, maupun disepakati oleh Pemerintah Daerah bersama-sama DPRD yang dituangkan dalam dokumen RKPD beserta KUA PPAS dan APBD 2020. LKPJ juga disusun dalam rangka untuk mengevaluasi kinerja Pemerintah Kabupaten Tulangbawang selama tahun anggaran 2020.

Sopi’i meminta agar eksekutif memberikan skala prioritas dalam pembangunan dunia pendidikan di Kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur. Ia beralasan pendidikan menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan. Kami berharap mutu pendidikan di Tuba semakin meningkat sehingga melahirkan banyak generasi emas untuk membangun negeri. Kami juga berharap peningkatan mutu pendidikan itu didukung dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan,” katanya.

Ia menilai, secara garis besar kepala daerah saat ini telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan urusan pemerintahan. Namun, tetap memiliki catatan yakni soal kedisiplinan Aparatur Sipil Negara.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di saat pelaksanaan ibadah puasa.

“Jangan abai akan pentingnya kesehatan, mari bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19. Semoga seluruh masyarakat Kabupaten Tulangbawang diberikan kelancaran dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadan,” ujarnya.

Bupati Tulangbawang Winarti mengapresiasi kinerja legislatif yang telah mengesahkan LKPJ 2020. Sejauh ini, lanjutnya, sinergitas antara eksekutif dengan legislatif berjalan dengan baik dalam membangun Tulangbawang.

“Saya mengapresiasi panitia khusus LKPJ yang telah menghasilkan rekomendasi yang sangat penting bagi pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kinerja pemerintah, pembangunan infrastruktur, dan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Tulangbawang,” tandasnya. (nal/sur)



  • Bagikan