Dramatis, Ternyata Begini Evakuasi Anak Gajah yang Terluka

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Perburuan gajah di Lampung Timur terus mendapatkan sorotan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Salah satunya adalah anak gajah yang berumur 4 tahun yakni Erin, yang belalainya buntung akibat diburu oknum tak bertanggung jawab.

Siti Nurbaya Bakar/IST

“Saya terus pantau perkembangan Erin. Jangan sampai kondisinya melemah dan kurang gizi. Saya minta ini menjadi contoh bagaimana kita menyelamatkan satwa yang hampir punah. Saya cek terus ke pihak Taman Nasional Way Kambas,” kata Siti kepada radarlampung.co.id, Rabu (28/3) malam.

Menurut menteri asal Lampung itu, proses evakuasi gajah Erin sangat menyentuh dirinya. Sebab, Erin tak bisa meraih makanan karena belalainya terputus. “Kasihan sekali dia sulit makan. Tetapi Alhamdulillah setelah dievakuasi dan dibawa ke RS Gajah di Lamtim, kondisinya terus membaik,” tegasnya.

Baca Juga:   Oksigen Medis Langka, Stok RSUDAM Hanya Cukup Dua Hari, Sekprov Lampung Kumpulkan Pengusaha

Siti juga meminta agar para pemburu binatang langka yang dilindungi untuk ditindak oleh pihak berwenang. “Ketegasan diperlukan untuk menjaga satwa dan melestarikan lingkungan kita,” tuturnya.

Informasi yang dihimpun radarlampung.co.id, evakuasi gajah Erin  memang cukup dramatis. Sebab, membuat kondisinya sehat lagi dibutuhkan kesabaran, perhatian dan kasih sayang manusia dan para petugas TNWK termasuk para tenaga medis.

Bahkan, saat membawa Erin ke lokasi pengobatan dan perawatan, dibutuhkan keterampilan khusus para petugas TNWK. Semua bisa dilihat dari video berikut ini. (rlo/gus)




  • Bagikan