Dua Bangunan di Tubaba Bakal Gunakan Bambu

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dua bangunan yang terbuat dari bambu akan dibangun di Tulangbawang Barat (Tubaba). Kedua bangunan tersebut adalah Musium Tubaba dan Kantor PWI Tubaba.

Berdasarkan konsultasi dengan para ahli bambu baik di Bandung maupun Jakarta, bangunan tersebut memang menggunakan 100 persen bahan baku bambu. Kepala Dinas Pemukiman dan Pertamanan Ir. Hi. Abdul Sani, M.M, melalui Kabid Perkimtam, Restu, M.T, mengatakan, kedua bangunan ini akan dibangun di lokasi yang sangat strategis.

Pertama untuk kantor PWI Tubaba di Kecamatan Tuba Tengah, sedangkan Museum dibangun di pinggiran embung Tiyuh Gunungsari yang kelak akan dijadikan lokasi Ekowisata yang ada dalam Kecamatan Lambukibang, Tubaba.

Harapannya selain akan menjadi pusat edukasi, bangunan ini juga menjadi lokasi wisata masyarakat wilayah utara Tubaba. Kekuatannya bangunan ini diyakini bertahan hingga puluhan tahun, karena bambunya telah diolah hingga dapat digunakan sebagai bahan baku yang permanent. “Kita sudah konsultasi dan ahli bambu ini menjamin bahwa bangunan itu bertahan puluhan tahun,” terang Restu, senin (14/1). (fei/wdi)




  • Bagikan