Dua Daerah Masih Gunakan Gembok di Kotak Suara

  • Bagikan
ERWAN BUSTAMI

radarlampung.co.id – KPU Lampung terus mempersiapkan logistik Pemilu 2019. Salah satunya kotak suara. Untuk 15 kabupaten/kota se-Lampung ternyata masih ada penggunaan gembok sebagai pengaman kotak suara.

Komisioner KPU Lampung Erwan Bustami mengatakan, masih ada dua kabupaten yang masih menggunakan gembok sebagai pengaman kotak suara. “Dalam penggunaan kotak suara Pemilu 2019 masih ada yang pakai gembok dan sudah ada yang pakai kabel ties. Yang masih pakai gembok itu di Pesawaran dan Pringsewu,” kata Erwan melalui sambungan telpon, Selasa (18/12).


Sementara 13 kabupaten dan kota lainnya sudah menggunakan kabel ties khusus yang dipesan dari KPU RI. “Untuk penggunaa gembok masih sama penggunaannya, nantinya gembok dilapisi oleh segel khusus berlogo KPU,” imbuhnya.

Baca Juga:   Pasca Rakernas, PAN Lampung Rumuskan Pemetaan Menuju 2024

Sementara untuk kabel ties, sambung Erwan, ada kode khusus yang diproduksi KPU. Penggunaanya juga hanya untuk sekali pakai. Artinya, bila dirusak tidak akan bisa dipergunakan lagi.

“Memang kalau penggunaan kabel ties untuk membukanya bisa saja pakai gunting. Tapi kan ada logo khusus KPU sehingga kecil kemungkinan dibuka atau digunting sembarangan. Tutup kotak suara juga nanti disegel, ini segel khusus,” tandasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan