Dua Jam, Bersih-bersih Pantai Muara Indah Dapat Dua Ton Sampah

  • Bagikan
Aparat TNI, Polri, pegawai pemkab, pelajar dan mahasiswa membersihkan sampah di pesisir pantai Kotaagung, Kamis (21/2). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID
Aparat TNI, Polri, pegawai pemkab, pelajar dan mahasiswa membersihkan sampah di pesisir pantai Kotaagung, Kamis (21/2). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Kapolres AKBP Hesmu Baroto bersama Wakil Bupati AM Syafi’i dan Kasdim 0424/Tanggamus Mayor Inf. Suhada Erwin ikut dalam bersih-bersih pantai Muara Indah, Kotagung, Kamis (21/2).

Kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Sampah Nasional ini diikuti sekitar 500 orang. Mereka terdiri dari personel polres Tanggamus, Kodim 0424, Basarnas, Pertamina, pegawai Dinas Pariwisata, pegawai Dinas Lingkungan Hidup, mahasiswa dan pelajar.

Kabagops Polres Tanggamus Kompol Bunyamin mengatakan, bersih-bersih sampah ini merupakan inisiatif dari pimpinan Polri. Setiap polda yang memiliki wilayah pantai melakukan bersih-bersih.

“Instruksi dari kapolda agar polres jajaran, khususnya yang wilayahnya terdapat pantai untuk bersih-bersih dan berkoordinasi dengan pemkab,” kata Bunyamin.

Baca Juga:   Gubernur Lampung Percepat Hadirkan Alat Terapi Plasma Konvalesen

Dilanjutkan, bersih-bersih pantai dimulai dari tempat pelelangan ikan (TPI) hingga Pantai Muara Indah. Tidak hanya pinggir pantai. Bersih-bersih juga hingga ke tengah laut untuk mengambil sampah yang terapung dengan menggunakan perahu karet Basarnas dan speedboat milik Pertamina.

“Pak Kapolres, Wabup dan pak Kasdim ikut perahu karet untuk mengambil sampah yang terapung. Selain di atas permukaan, bersih-bersih juga dilakukan di dasar laut dengan melibatkan penyelam Basarnas, Satpolair dan TNI AL,” urainya.

Lebih lanjut Bunyami mengungkapkan, dalam dua jam, bersih-bersih pantai itu mengumpulkan sampah sekitar dua ton.   “Sampah terdiri dari plastik, kayu, besi dan kain. Sampah didominasi oleh plastik. Harapannya, melalui kegiatan ini, wilayah pesisir Kotaagung menjadi bersih dan masyarakat sadar untuk tidak buang sampah sembarangan di pantai maupun sungai,” tegas Bunyamin. (ral/ehl/ais)

Baca Juga:   Kabar Duka, Walpri Gubernur Lampung Tutup Usia

 




  • Bagikan