Dua Kecamatan Pesawaran Pilot Project Kartu Petani Berjaya

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID- Dua kecamatan di Kabupaten Pesawaran yakni Kecamatan Tegineneng dan Gedongtataan menjadi pilot project peluncuran Kartu Petani Berjaya (KPB). Sasarannya yakni 1378 petani yang sudah masuk dalam aplikasi dan saat ini sudah 551 petani yang teregistrasi serta menerima KPB

Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama.N, mengatakan dibawah kepemimpinan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona,pemerintah daerah Pesawaran bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pusat untuk mewujudkan petani di Pesawaran Berjaya.


“Untuk pilot project sementara masih di dua kecamatan yakni Gedongtataan dan Negerikaton,”ungkap Anca, Minggu (7/2)

Dijelaskan, KPB yang telah disalurkan kepada petani di dua kecamatan itu masing masing untuk komoditas tanaman pangan, perkebunan dan tanaman hortikultura. Dengan rincian luas lahan untuk tanaman pangan seluas 975 hektar, tanaman hortikultura 250 hektar dan 90,25 hektar untuk perkebunan. “Kedepan semua petani di kabupaten pesawaran akan mendapat KPB,” jelasnya.

Baca Juga:   Lanjutkan Pembangunan Jembatan Pujorahayu-Lumbirejo

Keuntungan para petani yang sudah mengantongi KPB diantaranya Kartu sebagai sarana produksi, akses pembiayaan, penanganan panen dan pasca panen, pemasaran hasil, jaminan sosial. Dimana para petani dapat bantuan pinjaman KUR dari BNI dengan suku bunga rendah. Selain itu, terjaminnya ketersediaan pupuk dengan harga subsidi, dan keunggulan lainnya.

“Termasuk untuk pemasaran hasil produksi juga dibantu oleh pemerintah. Artinya adanya stabilitas harga dari hasil produksi pertanian maupun perkebunan,”pungkasnya (ozi/wdi)




  • Bagikan