Dua Pekan Terakhir, Mesuji Nol Kasus, Bandarlampung Paling Banyak

  • Bagikan
Kepala Diskes Lampung Reihana. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Kasus konfirmasi Covid-19 di Provinsi Lampung dalam beberapa waktu terakhir terus menurun. Bahkan sempat nol kasus pada 15 November lalu. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencoba melihat kasus Covid-19 di kabupaten/kota mulai 1 hingga 18 November, tercatat Mesuji menjadi satu-satunya kabupaten di Lampung yang mencatatkan nol kasus selama lebih dari dua minggu berturut-turut.

Seperti data yang di kutip dari Dinkes Provinsi Lampung, di mana kasus konfirmasi Covid-19 di Provinsi Lampung selama satu hingga 18 November tercatat hanya 58 kasus. Sementara kasus kematian hanya ada sembilan kasus. “Mesuji satu-satunya daerah di Lampung yang 0 kasus sejak 1 November,” ungkap Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Jumat (19/11).


Selanjutnya Bandarlampung 15 kasus, Lampung Selatan 10 kasus, Lampung Timur lima kasus, Lampung Utara enam kasus, Tanggamus tiga kasus, Pesawaran empat kasus, Waykanan lima kasus, Tulangbawang dua kasus, Pesisir Barat dua kasus, dan Lampung Tengah dua kasus. Sementara Metro, Tulangbawang Barat, Pringsewu, dan Lampung Barat masing-masing satu kasus.

Baca Juga:   Masuk Lima Teratas Serapan Anggaran Tinggi, Realisasi Belanja Pemprov Lampung Capai 73,06%

Sementara kasus kematian juga terus menurun, Kasus kematian di Lampung sejak 1 November beberapa daerah tercatat nol kasus. Seperti Lampung Selatan, Lampung Utara, Metro, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Mesuji, Tanggamus, Pringsewu, Pesisir Barat, Lampung Barat, dan Waykanan. Sementara daerah yang masih memiliki kasus kematian selama 1 November sampai 18 November seperti di Bandarlampung tiga kasus, Lampung Timur tiga kasus, Pesawaran satu kasus dan Lampung Tengah dua kasus.

Menurut Reihana, hal ini menunjukkan penurunan yang baik apalagi pada Juli lalu tercatat kasus konfirmasi Covid-19 di Lampung bahkan mencapai lebih dari 900 kasus dalam satu hari.

“Alhamdulillah saat ini kasus konfirmasi terus menurun. Bahkan ada daerah yang nol kasus ya, ini bisa di analisis dari angka kesembuhan dan kematian. Apakah bisa dikatakan endemi secara lokal atau tidak,” beber Reihana.

Baca Juga:   Nirwana Calon Pertama Resmi Mendaftar Calon Ketua PWI Lampung

Hal tersebut karena nol kasus konfirmasi Covid-19 yang ada di daerah tersebut memungkinkan disebut endemi karena endemi berarti keberadaan virus masih ada namun sudah bisa dikendalikan.

Selain itu, angka kesembuhan di Lampung kini mencapai 92%. Serta nilai keterisian tempat tidur juga berada di bawah angka 2%.

“Alhamdulillah angka kesembuhan kita juga diangka 92% ya, dan BOR kita sekarang sekitar angka 2%. Namun kita tetap antisipasi kemungkinan yang akan terjadi pasca libur nataru (Natal 2021 dan tahun baru 2022), kita tetap waspada dan terapkan prokes,” tambahnya. (rma/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan