Dua Pusat Perbelanjaan Kena Sidak Tim JKPD

  • Bagikan
Tim JKPD lakukan pengawasan makan di Pasar Tugu, Senin (27/5). FOTO PRIMA IMANSYAH PERMANA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) Provinsi Lampung melakukan pemantauan dan pengawasan keamanan pangan, Senin (27/5). Tim itu terdiri dari beberpa satuan kerja (Satker).

Kegiatan tersebut diketuai Dinas Ketahanan Pangan Lampung, yang dalam hal ini diwakili Oktavian Hafid, diikuti oleh BBPOM Bandarlampung, Dinas Kesehatan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian dan Peternakan Lampung, hingga pihak kepolisian.

Pada sidak tersebut tim JKPD turun di dua lokasi. Yaitu Pasar Tugu dan Transmart.

Kabid Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Okavian Hafid menuturkan, pihaknya turun bersama tim JKPD dari berbagai satker yang nemiliki topoksi masing-masing dalam pengawasan makanan.

Baca Juga:   Kabar Duka, Satu Dokter Spesialis Ortopedi Lampung Tutup Usia

Secara umum dijelaskan, timnya bertugas melakukan pemeriksaan keamanan, seperti kandungan makanan berbahaya pada makanan, formalin, festisida, borax, serta bahan tambahan lain yang terkandung di makanan.

Pihaknya juga melakukan edukasi dan imbauan kepada masyarakat serta pengusaha, untuk sama-sama menjaga keamanan pangan agar sesuai dengan keinginan pemerintah. Ya, pangan yang dikonsumsi masyarakat wajib benar-benar aman.

“Kami dari Dinas Ketahanan Pangan melakukan pemeriksaan tehadap kandungan festisida pada sayuran di Pasar Tugu. Seperti pada cabe dan kol. Hasilnya negatif, buah-buahan juga kita lakujan uji formalin menunjukan hasil negatif, kecuali tadi ada tomat berjamur sudah kita minta ditarik,” ungkapnya. (pip/sur) 




  • Bagikan