Dua Ruas Jalan Prioritas Mulai Perbaikan

  • Bagikan
Pengecekan Jalan Ryacudu pada Sabtu (26/6). Foto DBMBK Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Lampung mulai menggarap perbaikan jalan prioritas. Dua di antaranya mulai pengerjaan.

Keduanya ialah ruas Pugung-Jabung, Lampung Timur dan Jalan Ryacudu, Bandarlampung. Kepala Dinas BMBK Lampung Febrizal Levi Sukmana mengatakan, keduanya masuk dalam jalan prioritas karena jalan yang dapat meningkatkan perekonomian.

“Jadi ada 24 ruas jalan prioritas di Lampung ini yang masuk dalam proyeksi pengerjaan. Dua di antaranya itu ruas jalan Pugung-Jabung dan Jalan Ryacudu, semuanya sedang proses pengerjaan,” beber Levi, Minggu (27/6).

Levi mengungkapkan, pada Sabtu (26/6) dirinya bersama tim sudah melakukan pengecekan pengerjaan kedua jalan itu. Jalan Ryacudu misalnya, Levi mengatakan masih terus dikerjakan.

Baca Juga:   Gubernur Lampung Resmikan Nama Jalan R. Soeprapto

Perbaikan jalan Ryacudu yang menelan dana APBD Lampung sebesar Rp18.561.120.000, itu dikerjakan PT Djuri Teknik selaku pemenang tender. “Iya, sudah mulai dikerjakan, tahapan pertama levelling base A dan pemadatannya, sebelum tahap selanjutnya beton lantai kerja atau LC light concrete 10 cm,” jelas Levi.

Sementara di ruas Pugung-Jabung, Lampung Timur, berdasarkan pantauan yang dilakukan, Levi mengatakan proses saat ini ialah levelling base B dan pemadatan tanahnya.

“Jadi sebelum tahap selanjutnya pondasi base A dan pemadatannya, baru tahap selanjutnya ya beton lantai,” jelas Levi.

Untuk pengerjaan jalannya tidak dilakukan sepanjang ruas tersebut, di mana total panjang ruas Pugung-Jabung 26,4 kilometer. Namun, hanya 10,3 kilometer saja.

Baca Juga:   Gubernur Lepas Ekspor 10.400 Unit Produk Cokelat

“Karena kita fokus penanganan yang rusak parah, dan harus segera diperbaiki. Ya itu panjangnya 10,3 kilometer,” lanjut Levi.

Pengerjaan ruas Pugung-Jabung sendiri menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan total Rp33.166.570.000. Sementara kedua jalan ditargetkan akan selesai pengerjaan pada November mendatang.

“Karena pengerjaan jalan dengan rigid beton jadi kita memerlukan waktu yang agak lama. Tapi kami targetkan November tahun ini selesai. Dengan harapan ekonomi masyarakat akan terbantu dengan jalan yang mulus,” tandasnya. (rma/sur)




  • Bagikan