Dua Tahun Berlalu, Embung Tidak Bisa Mengairi Sawah

  • Bagikan
Embung di Atarlikok, Pekon Balaikencana, Kecamatan Krui Selatan, Pesisir Barat yang belum difungsikan untuk mengairi sawah warga. FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Pembangunan embung, sebagai sumber irigasi sawah di Atarlikok, Pekon Balaikencana, Kecamatan Krui Selatan dinilai tidak bermanfaat. Sebab sejak dibangun 2017 lalu, hingga saat ini tidak difungsikan untuk mengairi sawah.

Menurut Amir, salah seorang warga, embung tidak memiliki fungsi sama sekali sesuai tujuan. Yakni untuk mengairi sawah maayarakat. ”Sampai sekarang, sawah warga di sini sumber airnya dari siring yang berada disebelahnya,” kata Amir, kepada Radarlampung.co.id, Jumat (22/11).

Hal tersebut dibenarkan Peratin Pekon Balaikencana Hazirin. Menurut dia, embung tersebut belum dimanfaatkan. Pihaknya tidak mengetahui persis sumber anggaran proyek tersebut.

Informasi yang beredar, pembangunan embung tersebut berasal dari dana pusat atau kementrian. Pelaksana proyek juga dari luar Pesisir Barat. ”Rumah saya juga tidak jauh dari lokasi embung. Memang selama ini tidak ada manfaatnya untuk sawah,” kata Hazirin.

Pantauan Radarlampung.co.id., meski beberapa hari lalu turun hujan, debit air masih sedikit. Tidak mencapai dinding embung. Sementara saluran air yang dibuat tampak kering dan dasar tanahnya terlihat. (try/ais)




  • Bagikan