Dugaan Data Bocor, BPJS Kesehatan Lapor Mabes Polri

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyatakan pihaknya telah bergerak menindaklanjuti beredarnya informasi adanya data yang ditawarkan di forum online dan diberitakan menyerupai data BPJS Kesehatan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ghufron menjelaskan, BPJS Kesehatan telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Cybercrime Mabes Polri dan Pusat Pertahanan Siber Kementerian Pertahanan.

“Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), serta pihak lainnya dalam rangka memastikan kebenaran berita tersebut, serta mengambil langkah-langkah yang diperlukan,” kata Ghufron, Kamis (27/5).

Baca Juga:   Pengusaha Asal Aceh Bantu Rp2 T untuk Penanganan Covid-19 di Sumsel

Menurut dia, BPJS Kesehatan kini juga telah mengambil langkah hukum dengan melaporkan kasus ini kepada Bareskrim Polri.

Mengingat adanya dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab yang merugikan BPJS Kesehatan. Kemudian meminta direksi melakukan penelusuran tentang hal tersebut.

“Selama ini kami telah melakukan upaya maksimal untuk melindungi data peserta melalui penerapan tata kelola teknologi informasi dan tata kelola data sesuai ketentuan dan standar serta peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.




  • Bagikan