Duh, Awal Januari, PA Mesuji Sudah Catat Belasan Perceraian

  • Bagikan
ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Mesuji mencatat angka perceraian di Mesuji cenderung tinggi. Pasalnya, awal tahun 2019 pekan ke dua Januari saja setidaknya ada 16 perkara gugatan. Bahkan dua permohonan sudah masuk di kantor Pengadilan Agama.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Mesuji H. Abdurrahman, S.Ag. M H mengatakan, faktor perceraian didominasi tiga faktor. Pertama adalah faktor ekonomi, kedua faktor kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga, dan ketiga faktor perselingkuhan di antara pasangan suami-isteri.

“Pada tahun 2019 perkara yang sudah masuk sebanyak 16 gugatan dan 2 permohonan, jika melihat data ini angka perceraian tergolong tinggi,” jelasnya kepada Radarlampung.co.id di ruang kerjanya, Senin (14/01).

Selain itu dia menjelaskan, Pengadilan Agama Mesuji yang diresmikan pada 26 Oktober 2018 mulai menerima perkara sejak 19 November 2018. Sejak dibuka pada November lalu pihaknya sudah menangani 11 perkara. Di antaranya 4 putus sedangkan 7 perkara masih berjalan.

“Tahun 2018 Pengadilan Agama Mesuji juga sudah menyelesaikan sidang isbad nikah sebanyak 101 pasangan yang dilaksanakan pada 27-28 Desember 2018, bekerjasama dengan Bidang Kesra dari Pemkab Mesuji,” paparnya.

Dia juga menambahkan, saat ini masyrakat yang mengajukan gugatan di Pengadilan Agama tidak sulit untuk mengetahui sejauh mana permasalahan yang ditangani oleh Pengadilan Agama. Sebab, masyarakat bisa memantau via web resmi Pengadilan Agama.

“Masyrakat bisa melihat langsung perkembangan informasi melalui sistem informasi penelusuran perkara. Ada sipp-pa-mesuji-go.id untuk perkara. Dan pa-mesuji.go.id untuk web kantor Pengadilan Agam Mesuji. Masyarakat bisa mengakses informasi dari web tersebut,” tukasnya. (muk/sur)




  • Bagikan