Duh, Petani Tembakau Tanggamus Terkendala Dua Hal Ini

  • Bagikan
Anggota Fraksi PKB DPRD Provinsi Lampung, Azuwansyah bersama Anggota DPRD Tanggamus dari fraksi PKB, mengunjungi para petani tembakau di Kecamatan Sumberejo. Foto Zepta/rnn/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Anggota Fraksi PKB DPRD Provinsi Lampung Azuwansyah, S. Ag bersama Anggota Fraksi PKB Kabupaten Tanggamus mengunjungi  petani tembakau unggulan di kecamatan Sumberejo, Tanggamus.

Hal ini untuk mendukung produksi serta pemasaran tembakau. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani tembakau.

Menurut Bang Wan panggilan akrab Azuwansyah, selama ini banyak kendala yang dihadapi para petani. Diantaranya masih kurangnya alat pertanian, tempat penjemuran pasca panen dan lainnya.

“Nah kunjungan ini,  dalam rangka menyerap aspirasi petani tembakau yang ada di Tanggamus. Dimana dalam aspirasi nya mereka menginginkan  adanya pembinaan yang lebih intensif oleh dinas terkait. Seperti ketersediaan gudang penyimpanan, alat hendtraktor, dan tempat penjemuran agar menghasilkan tembakau yang berkualitas,” katanya, Minggu (29/9).

Untuk pemasaran lanjut Ketua DPC PKB Tanggamus ini,  petani tidak ada kendala. Karena petani sudah bekerjasama dengan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang rokok.

“Kalau pemasaran nggak ada kendala. Kalaupun ada hanya kekurangan alat-alat pertanian. Nah, terkait keluhan ini maka kami akan memperjuangkannya bersama-sama,”ungkapnya.

Petani tembakau Sujarno bertutur kendala yang dialami selain kekurangan alat pertanian adalah minimnya  tenaga terampil.

Pasalnya, mereka yang sebelumnya merupakan buruh tani, saat ini beralih menjadi petani tembakau. “Tenaga terampil dan alat pertanian yang kami butuhkan, mulai dari pembenihan hingga pengepakan, sebelum disetor.”terangnya. (zep/rnn/ehl)





  • Bagikan