Duh, Ribuan Warga Tuba Miliki Data Ganda

  • Bagikan
foto ilustrasi dok radarsemarang.id

RADARLAMPUNG.CO.ID- Sedikitnya sekitar 2.000 warga Kabupaten Tulangbawang (Tuba) tercatat memiliki data ganda di server Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Menurut Kepala Disdukcapil Tulangbawang Yusrizal, data ganda tersebut terjadi karena warga melakukan perekaman lebih dari satu kali.


Persoalan lain yang menyebabkan data ganda adalah warga yang pindah domisili, namun tidak melapor dan mencabut data di Disdukcapil.

Untuk mengatasi persoalan itu, data ganda harus dilakukan penunggalan data. “Solusinya kita konfirmasi dulu ke pusat untuk menghapus salah satu data,” ungkapnya, Minggu (23/5).

Menurutnya, munculnya data ganda terkadang juga disebabkan oleh warga yang ingin cepat-cepat memiki fisik kartu tanda penduduk elektronik.

“Ketika perekaman warga terkadang mengaku belum pernah melakukan perekaman, jadi mereka melakukan lagi. Justru hal itu malah membuat lambat kartu tanda penduduk elektronik mereka jadi,” terang Yusrizal.

Baca Juga:   Perkara Benih Jagung, Mantan Pejabat Pemprov Lampung Dilimpahkan ke Kejari

Akibat hal tersebut, saat ini ada sekitar 2.000 data di server Disdukcapil yang mengalami tunggakan pencetakan.

Sampai saat ini, tercatat ada 270.000 lebih warga Tulangbawang yang telah memiliki E-KTP dari total 376.500 wajib KTP. Sementara sekitar 30.615 penduduk belum memiliki E-KTP. Termasuk warga yang memiliki data ganda.

Terkait blanko, Disdukcapil Tulangbawang mengaku tidak memiliki kendala. Menurut Yusrizal, berapa saja kebutuhan blanko akan disiapkan oleh pemerintah pusat.

“Kalau semuanya ready, pencetakan fisik E-KTP satu jam sudah jadi. Tetapi terkadang kita terkendala dengan jaringan, sehingga membuat lambat pencetakan,” tandasnya. (nal/wdi)




  • Bagikan